Pariwara
Wakatobi

Dinsos Wakatobi Tarik Kartu Penerima KIS Ganda

Aslaman Sadik

KENDARIPOS.CO.ID — Ratusan warga miskin penerima Kartu Indonesia Sehat (KIS) di Wakatobi diketahui mengantongi dua identitas sekaligus. Data di lapangan menyebutkan, masyarakat kurang mampu yang telah memiliki KIS nasional rupanya mendapat jatah KIS yang dianggarkan melalui APBD Wakatobi. Di Kecamatan Togo Binongko, sedikitnya ada 103 penerima KIS APBD yang kemudian ditarik camat setempat untuk diarahkan ke Dinas Sosial.

Penarikan kartu tersebut dilakukan untuk menghindari penerima KIS ganda. Pasalnya fungsinya sama saja baik itu KIS nasional maupun yang berasal dari pembiayaan APBD atau KIS Wakatobi Bersinar.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Sosial Wakatobi, Aslaman Sadik mengaku sudah menerima informasi tersebut. Ia memastikan, bukan hanya data dari Kecamatan Togo Binongko saja yang ganda. “Di Togo Binongko saja sudah seratusan kartu, belum di kecamatan lainnya,” ungkapnya, Senin (23/10).

Jika kasus ini terjadi maka secara otomatis pihaknya akan menarik KIS Wakatobi Bersinar. Hal ini dilakukan untuk membantu masyarakat miskin lainnya yang sama sekali belum memiliki kartu jaminan kesehatan. “Jadi seperti halnya di Togo Binongko ini, kartu yang ditarik akan kita berikan pada masyarakat kurang mampu lainnya yang belum terima KIS sama sekali,” sambung Aslaman.

Selain masyarakat, ia juga mengimbau seluruh camat dan kepala desa se-Wakatobi agar proaktif mendata masyarakat kurang mampu dengan lebih jeli lagi. “Agar warga miskin yang terima KIS ini tidak ganda lagi. Kan masih banyak masyarakat kurang mampu lainnya belum terima. Jadi, kalau ada yang sudah ada dua kartunya agar mohon dilaporkan ke kantor desa/kelurahan atau camat setempat dan bisa juga langsung ke kantor kami,” pintanya.

Sebelumnya, Bupati Wakatobi, H. Arhawi berharap agar seluruh masyarakat kurang mampu bisa menerima KIS. Namun, semuanya akan direalisasikan secara bertahap. Tahun ini Pemkab Wakatobi menganggarkan penerima KIS sebanyak 8.000 orang. Sementara, 2018 mendatang, meningkat jadi 10.000 jiwa. (c/thy)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top