150 Nelayan Koltim Masuk Asuransi – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Kolaka Timur

150 Nelayan Koltim Masuk Asuransi

Lasky Paemba

KENDARIPOS.CO.ID — Tak memiliki kawasan laut, pengelolaan perikanan di Kolaka Timur (Koltim) memanfaatkan sumber air tawar. Karena itulah sejumlah warga yang berprofesi sebagai penangkap ikan air tawar masuk kategori nelayan dan mendapat asuransi sesuai program Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Kepala Dinas Pertanian Koltim, Lasky Paemba menjelaskan, geografi daerah itu memang tak memiliki perairan laut seperti daerah lain di Sulawesi Tenggara (Sultra). “Tapi di Koltim masih memiliki wilayah perairan air tawar di sungai atau rawa sehingga masyarakat bisa memanfaatkan untuk menangkap ikan dalam pemenuhan kebutuhan hidupnya. Mereka juga berhak mendapat asuransi,” jelasnya, senin (23/10).

Lasky Paemba menjelaskan, besaran biaya klaim asuransi saat nelayan mengalami kecelakaan, bervariasi. Bagi nelayan yang mengalami kecelakaan dan meninggal dunia di sungai mendapat santunan hingga Rp 200 juta. Sementara bagi nelayan yang kecelakaan dan meninggal di darat disantuni Rp 150 juta. Sedangkan bagi yang cacat tetap akan menerima klaim asuransi, tapi besarannya dikondisikan.

“Masyarakat harus bersyukur karena pemerintah mengupayakan agar nelayan bisa dibantu mendapatkan asuransi,” jelasnya. Sementara itu Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan pada Dinas Pertanian, Jurlin mengatakan, dari data yang ada, jumlah penerima kartu dan asuransi nelayan sebanyak 150 orang.

“Penerima tersebut berasal dari dua wilayah yakni Kelurahan Raraa, Kecamatan Ladongi sebanyak 108 orang. Sedangkan dari Desa Wande, Kecamatan Dangia ada 48 nelayan. Kita ditarget sekitar 500 calon penerima asuransi dan kartu nelayan. Mudah-mudahan bisa terealisasi dalam jumlah tersebut, karena manfaatnya besar sekali. Kami akan data, tetapi diperuntukkan bagi nelayan,” tandasnya. (c/kus)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top