Pariwara
Muna

Prajabatan 105 CPNS Muna Belum Jelas

La Kusa

KENDARIPOS.CO.ID — Tahapan prajabatan bagi 105 calon pegawai negeri sipil (CPNS) untuk 100 persen menjadi abdi negara di Kabupaten Muna, hingga kini belum jelas. Pasalnya, pemerintah kabupaten (Pemkab) masih melakukan penghitungan biaya selama CPNS akan mengikuti pendidikan tersebut. Sebab ternyata, tak ada anggaran pendidikan yang dibebankan terhadap daerah selama mengikuti Diklat. Nanti pada tahun 2018 mendatang dipastikan baru terlaksana.

“Sebenarnya, mau dilaksanakan tahun ini juga tidak jadi masalah. Hanya saja, pembiayaannya harus dilakukan secara swadaya. Untuk itu, pemerintah masih melakukan penghitungan. Kendati demikian, Lembaga Administrasi Negara (LAN) telah menetapkan Rp 10 juta perorang. “Prajabatan empat bulan saja. Tapi kita masih hitung anggarannya. Karena pemerintah tidak menganggarkan itu,” ujar Kepala BKPSDM La Kusa, Minggu (22/10).

Sebenarnya, pemerintah menginginkan tahun 2017 ini. Makanya, koordinasi dengan pihak Badan Diklat Provinsi terus dilakukan. Jika ingin memaksakan pelaksanaan Diklat di Muna secara mandiri, Pemkab tak miliki penyelenggara. “Ada gedung Diklat, tapi tak punya lembaga. Kalau bisa dilakukan di Muna, tapi penyelenggara tetap pemerintah provinsi. Sekarang masih komunikasi dengan provinsi. Tapi, jawabannya mungkin nanti 2018,” argumen mantan Kabaghumas tersebut.

Meski, prajabatan belum terlaksana, namun La Kusa menjamin tak berpengaruh terhadap status pada CPNS tersebut. Mereka tetap melaksanakan tugas sambil menunggu kepastian pendidikan.

“Tetap melaksanakan tugas. Prajab urusan Pemkab. Semoga Pemprov memberi jawaban tahun ini. Hanya kami juga ragu, karena waktunya sudah singkat. Sekarang sudah jelang akhir tahun. Tapi kalau sudah direstui tetap dilaksanakan,” tandasnya.

Untuk diketahui, 105 CPNS tersebut terdiri dari 92 bidan yang sebelumnya berstatus pegawai tidak tetap serta 13 penyuluh pertanian. (c/ery)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top