Pariwara
Metro Kendari

Pemkot Kendari Permantap Laporan Dana Bos Berbasis Akrual

Kadis Dikmudora Kendari, Sartini Sarita

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Kota Kendari memantapkan sistem pelaporan keuangan berbasis akrual. Teranyar, untuk memaksimalkan pelaporan dana bantuan operasional sekolah (BOS) yang telah diterima pihak sekolah dilakukan berbasis akrual pula. Sistem itu diperkuat dengan regulasi berupa Peraturan Walikota (Perwali) tentang sistem laporan dana BOS berbasis akrual. Nantinya, Perwali itu disosialisasikan kepada seluruh kepala sekolah (Kepsek) dan bendahara agar meminimalisir kesalahan dan keterlambatan laporan dana BOS.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikmudora) Kota Kendari, Sartini Sarita mengatakan Perwali tersebut dibuat atas adanya Permendikbud yang mewajibkan pelaporan dana BOS berbasis akrual. ” Laporan dana BOS sesuai dengan juknis bahwa harus disampaikan ke pusat (Kemendikbud). Dengan aturan ini maka BPKAD membuat perwali tentang laporan akrual ini,” ujar Sartini Sarita.

Mantan Sekretaris Dikmudora Kota Kendari itu berharap sosialisasi itu tepat sasaran sehinga kepala sekolah dan bendahara dapat membuat laporan berbasis akrual yang tepat. “Tetap kami awasi pembuatan laporannya, meskipun kami sudah lakukan sosialisasi. Dalam pengawasan tersebut kami melibatkan pihak managemen dana BOS, BPKAD dan Inspektorat,” tukas Sartini.

Sembari menunggu Perwali tuntas, Dikmudora untuk sementara masih mengacu pada juknis Permendikmud Nomor 8 tahun 2017 yang diubah menjadi Nomor 26 tahun 2017 dan disandingkan dengan peraturan pelaksanaan APBD. “Sekarang setiap sekolah sudah mulai paham, dan untuk menertibkan nanti akan ada aturannya pelaporan itu,” tutupnya. (kmr/c)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top