Pemkab-BKSDA Teken MoU di KLHK Konsel – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Konawe Selatan

Pemkab-BKSDA Teken MoU di KLHK Konsel

HUMAS PEMKAB KONSEL FOR KENDARI POS
Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga (tengah) usai penandatanganan nota kesepahaman dengan pihak BKSDA Sultra di kantor KLHK.

KENDARIPOS.CO.ID — Upaya membuka keterisolasian dengan menata akses masuk di Kecamatan Laonti terus diperjuangkan. Penyerahan surat keputusan (SK) persetujuan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) pada pemerintah kabupaten (Pemkab) Konsel, terkait pembangunan jalan penghubung strategis antara Lapuko-Laonti telah dilakukan pada 11 September 2017 lalu.

Terbaru, Pemkab Konsel kembali membangun perjanjian kerja sama dengan Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sultra. Isi perjanjian tersebut adalah tentang pembangunan strategis jalan penghubung daerah terisolir di suaka margasatwa Tanjung Peropa, Kecamatan Laonti. Penandatanganan kerja sama tersebut berlangsung pada kantor KLHK di Jakarta, akhir pekan lalu.

“Alhamdulillah kesepakatan dengan pihak Kepala BKSDA Sultra, Ir. Sri Winenang ditandatangani hari ini disaksikan langsung oleh Dirjen BKSDA,” kata Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga. Dengan adanya kerja sama itu, maka masyarakat yang bermukim di Pulau Laonti tidak akan terisolir lagi.

“Jalan akses darat akan terus dimaksimalkan. Jadi warga kita di sana tidak perlu cemas dengan arus ombak. Kan sudah bisa lintas darat,” senang Surunuddin.

Mantan Ketua DPRD Konsel ini menambahkan, sejauh ini masalah jalan darat merupakan hal paling prioritas untuk dibangun antara Lapuko dan Kecamatan Laonti. Bahkan penantian masyarakat setempat cukup memakan lama. Hingga akhirnya, berkat upaya semua pihak dan khususnya pemerintah pusat, jalan sepanjang 6,1 kilometer yang masuk kawasan Tanjung Peropa akhirnya dapat terbuka lebar.

“Bayangkan, ini sudah puluhan tahun dinanti-nanti, bahkan ketika itu pernah bermasalah. Namun atas kerja sama dan dorongan dari berbagai pihak, akhirnya apa yang menjadi impian masyarakat akhirnya terjawab. Insyaallah, tahun depan sudah bisa kita naik mobil ke Laonti. Tidak perlu lagi harus susah payah tunggu cuaca baik untuk menyeberang melawan badai,” tandasnya. (c/kam)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top