Pariwara
Metro Kendari

Masa Transisi, BMKG Sultra Imbau Masyarakat Waspada Banjir

Aris Yunatas

KENDARIPOS.CO.ID — Intensitas hujan beberapa hari ini memang tidak begitu tinggi. Kendati begitu, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Sultra sejak dini mengimbau masyarakat Sultra, khususnya Kota Kendari agar bersiap menghadapi peralihan musim panas ke musim hujan. Masa transisi itu berpotensi memicu terjadinya fenomena angin kencang yang disertai hujan dan beberapa efek-efek lainnya. Masa transisi berpotensi terjadi banjir.

Kepala Stasiun Klimatologi Ranomeeto BMKG Sultra, Aris Yunatas menjelaskan saat ini Kota Kendari sedang memasuki masa transisi, antara musim panas ke musim hujan. Masa transisi tersebut sangat berpotensi terjadi terjadi beberapa fenomena alam sehingga harus lebih waspada dalam menghadapi musim pancaroba tersebut. “Masyarakat dan pemerintah harus memperhatikan hal tersebut, karena dengan adanya masa transisi ini sangat berpotensi terjadi banjir, longsor dan efek-efek lainnya,” ujar Aris Yunatas yang ruang lingkup kerjanya mencakup seluruh wilayah Sultra khususnya persoalan iklim.

Selain itu kata Aris Yunatas, dalam masa transisi nanti kondisi dinamika atmosfir sedang ada gangguan Lalina lemah. Dimana dengan adanya Lalina lemah akan membuat frekuensi hujan lebih intens dan akan berdampak pada beberapa daerah yang rawan banjir. Termasuk Kota Kendari. “Lalina lemah itu merupakan perubahan muka laut di wilayah fasifik yang membuat hujan lebih intens dibagian wilayah timur Indonesia, khususnya Sultra,” paparnya.

Aris Yunatas menyebutkan Kota Kendari akan memasuki musim penghujan pada November dasarian II sampai Desember dasarian I. Dimana Kota Kendari diikuti oleh wilayah Konawe Kepulauan, Konawe Selatan dan Bombana bagian timur. “Dasarian itu artinya 10 hari, jadi kalau November dasarian II artinya hari kedua puluh November. Dimana satu bulan itu ada empat dasarian. Dan untuk puncak musim hujan di Kota Kendari itu Mei dan Juni,” jelasnya. (kmr/c)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top