Buteng Uji Coba Budi Daya Kedelai – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Buton Tengah

Buteng Uji Coba Budi Daya Kedelai

Makmur Sangkalibu

KENDARIPOS.CO.ID — Dinas Pertanian pemerintah kabupaten (Pemkab) Buton Tengah (Buteng) akan melakukan uji coba budi daya kacang kedelai tahun ini. Meski itu pertama kali dikembangkan dengan sistematis, namun daerah yang dipimpin Samahuddin tersebut baru berencana untuk menanam kedelai pada lahan seluas 200 hektare.

Kadis Pertanian Buteng, Makmur Sangkalibu mengatakan, penanaman kedelai seluas 200 hektare tersebut, tersebar pada tiga wilayah kecamatan, yakni Mawasangka, Mawasangka Tengah dan Lakudo. Sebenarnya semua desa memiliki potensi pengembangan kedelai, namun untuk tahap pertama disesuaikan dengan permintaan kelompok tani.

“Sebagai langkah awal kita tidak ingin memaksakan petani membudidayakan kedelai, meski cara menanamnya tak terlalu rumit. Artinya, hanya masyarakat yang ingin menyediakan lahan untuk pengembangan kedelai ini yang kami prioritaskan dulu,” ungkapnya, minggu(22/10). Makmur mengaku, masyarakat yang mengembangkan kedelai tersebut akan mendapat bantuan dana melalui anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) sebesar Rp 1.620.000 tiap hektare.

Bantuan disalurkan melalui program tugas perbantuan sehingga kuasa pengguna anggaran ada di Dinas Pertanian Sultra. “Dinas Pertanian Provinsi menyediakan benih, sementara kami melakukan pendampingan dan pengawasan. Namun karena ini baru pertama kali dikembangkan, maka untuk pendampingan kami bekerja sama dengan pakar dari Fakultas Pertanian Universitas Halu Oleo,” jelasnya.

Makmur mengungkapkan, upaya budi daya kedelai tersebut merupakan program strategis. Sebab kedelai merupakan komoditas impor yang cukup potensial. Selain itu, untuk pemasaran hasil nanti, pihaknya akan bekerjasama dengan Badan Urusan Logistik (Bulog) agar harga tetap stabil. “Selain itu kita berupaya mendatangkan investor dari luar jika produksi makin melimpah. Ke depan kami akan meningkatkan luas tanam kedelai jika program ini berhasil,” optimisnya. (c/myu)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top