460 Guru di Konut Bersertifikasi – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Konawe Utara

460 Guru di Konut Bersertifikasi

Lapeha

KENDARIPOS.CO.ID — Sebanyak 460 guru di wilayah Konawe Utara (Konut) telah dinyatakan bersertifikasi. Kini tersisa puluhan pengajar yang belum dinyatakan kompoten. 460 tenaga pendidik tersebut mengajar pada berbagai jenjang sekolah, mulai dari Taman Kanak-kanak, Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Konut, Lapeha mengatakan, guru yang tak tersertifikasi disebabkan ada beberapa persyaratan yang belum terpenuhi. Mulai dari status sarjana yang belum disandang peserta didik hingga memang tidak lulus dalam seleksi guru sertifikasi.

“Untuk guru yang sudah sertifikasi sebanyak 460 dari sekitar 500 guru yang ada. Sebab mereka harus melaksanakan uji kompetensi guru. Bila tidak lulus UKG maka harus mendaftar ulang pada tahun depan lagi,” ujar Lapeha, akhir pekan lalu. Mantan Sekretaris Dinas PK Konut itu menjelaskan lembaga yang melakukan sertifikasi guru adalah Universitas Haluoleo (UHO). “Dulu LPMP pernah melaksanakan sertifikasi, tapi sekarang UHO,” sambungnya.

Besaran tunjangan sertifikasi guru, kata, Lapeha disesuaikan dengan gaji pokok. Begitupun dengan guru sertifikasi yang berstatus bukan pegawai negeri sipil (PNS). “Guru sertifikasi yang honorer juga disesuaikan. Misalnya, ada guru honorer penyesuaian golongan III A. Setelah lama mengajar misalnya 3-4 tahun bisa disesuaikan gajinya menjadi golongan III B,” katanya.

Soal mekanisme pembayaran tunjangan sertifikasi dilakukan melalui rekening masing-masing guru, setiap triwulan. “Dapodik guru sertifikasi yang kelola adalah dinas. Tapi pembayaran tunjangan sertifikasi langsung dilakukan pemerintah pusat melalui rekening masing-masing guru,” ujarnya. (c/min)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top