Pariwara
Metro Kendari

Tak Terintegrasi Nomor KTP, SIM Card Diblokir

Nur Razak

KENDARIPOS.CO.ID — Bagi pengguna telepon genggam dan punya nomor lebih dari satu siap-siap saja diblokir Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) jika tidak meregistrasi ulang. Data diri dalam proses registrasi ulang harus sesuai nomor kartu tanda penduduk (KTP). Per 31 Oktober nanti seluruh SIM Card harus terintegrasi dengan nomor induk KTP. Bahkan kini Kemkominfo telah mengirimkan pesan melalui SMS kepada setiap nomor handphone masyarakat untuk segera agar memvalidasi ke nomor induk KTP.

Salah satu tujuan aturan yang dikeluarkan Kemkominfo itu adalah untuk menghilangkan penyebaran berita hoax, itu berlaku diseluruh Indonesia. Begitu pula di Bumi Anoa ini. Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Kominfo Kota Kendari, Moh Nur Razak. “Itu program nasional jadi di Kendari juga akan berlaku. Kalau 31 Oktober nanti belum terdaftar siap saja kartunya akan diblokir,” ujar Nur Razak saat ditemui Kendari Pos, kemarin.

Pria yang menjabat Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kota Kendari ini menjelaskan bahwa bila aturan tersebut telah berlaku maka kebiasaan mengganti-ganti SIM Card harus dihilangkan. Karena setiap orang hanya dapat memiliki satu SIM Card yang terintegrasi dengan nomor KTP yang dapat digunakan di telepon genggamnya. “Sekarang kan beli kartu hanya untuk paket data saja, jadi kalau habis datanya kartunya dibuang, itu sudah tidak bisa lagi dilakukan, karena adanya aturan ini. Jadi satu KTP satu SIM Card tidak boleh lebih,” jelasnya.

Nur Razak juga menjelaskan bahwa alasan Kemkominfo memberlakukan hal tersebut karena banyaknya terjadi tindakan kejahatan seperti penipuan, dan penyebaran berita hoax. Dan dengan adanya aturan tersebut, kejahatan dapat diminimalisir, karena modus para pelaku mengelabui korbannya dengan nomor yang berbeda-beda. “Ini diberlakukan karena alasan keamanan, karena banyaknya modus kejahatan dengan mengganti nomor. Jadi dengan adanya aturan ini, para pelaku penipuan atau penyebar hoax dapat diidentifikasi secepatnya karena sudah berkoneksi dengan KTP-nya,” tutupnya. (kmr/c)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top