Pariwara
Politik

Pendaftaran Badan Ad Hoc KPU Resmi Ditutup

Proses verifikasi berkas calon panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara (PPS) di kantor sekretariat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Konawe Selatan (Konsel), Kamis (19/10). Foto: Kamaluddin/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Proses pendaftaran calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan panitia pemilihan suara (PPS) Konawe Selatan (Konsel) resmi ditutup. Hingga hari penutupan, sebanyak 2.888 berkas yang diterima Komisi Pemilihan Umum (KPU) Konsel. Yang terdiri dari 392 pendaftar PPK dan 2.496 PPS. “Hari ini (jumat, 20/10), tepat pukul 16:00 Wita pendaftaran PPS resmi ditutup. Jumlah pendaftar yang menyetor berkas mencapai 2.496 orang. Sementara untuk calon PPK sebanyak 392 pendaftar,” ungkap komisioner KPU Konsel, Harmidyawati kemarin.

Koordinator Divisi Umum Keuangan dan Logistik ini menambahkan calon yang dinyatakan lolos bisa melihat langsung atau akan diumumkan di laman KPU Konsel. Sehingga bagi yang lolos berkas akan dilanjutkan dengan tes tertulis pada tanggal 23 Oktober 2017. “Direncanakan tes-nya akan dilaksanakan di GOR Pemda Konsel. Diharapkan sejumlah calon peserta PPK tersebut bisa hadir 15 menit sebelum tes dimulai pukul 09:00 Wita,” tegasnya.

Berdasarkan surat edaran nomor 333/PP.05.3.SD/74/Prov./x/2017 poin dua tentang pelaksanaan seleksi administrasi bagi pendaftar yang berstatus PNS, surat izin dari atasan langsung yang berwenang dapat dipenuhi ketika bersangkutan dinyatakan lulus sebagai PPK atau PPS atau setelah dilantik. “Kita berharap mudah-mudahan berjalan sesuai yang diharapakan. Dan bisa menghasilkan anggota PPK/PPS yang memiliki integritas dan bisa mewujudkan pemilu yang sehat,” harapnya.

Ketua KPU Konsel, Herman S.Sos mengatakan berdasarkan hasil pleno yang ditandatangi lima komisioner, sebanyak 392 calon anggota PPK yang telah menyetor berkas, hanya 328 yang dinyatakan lolos ke tahap selanjutnya. “Hanya 328 yang berhak mengikuti tes tertulis yang diagendakan pada Senin 23 Oktober 2017 mendatang di Gor Pemda Konsel. Sementara yang 64 dinyatakan gugur. Hal itu berdasarkan pengumuman KPU Konsel nomor 316,” jelasnya.

Adapun yang menjadi kendala sehingga 64 pendaftar PPK yang gugur itu, salah satunya adalah tidak lengkap berkasnya. “Misalnya seperti tidak ada surat keterangan berbadan sehat dan tidak dilegalisir ijazahnya,” ujarnya. Sementara untuk calon PPS, KPU Konsel berhasil menghimpun sebanyak 2.496 calon. Meski demikian, dari 351 desa se-Konsel, masih ada sekitar 26 Desa yang tidak ada peminatnya. “Sebagian besar desa di kecamatan Ranomeeto. Seperti desa Langgea, Kota Bangun dan Amoito Siama,” urainya. Ditambahkan, untuk PPS sendiri akan diverifikasi berkasnya mulai tanggal 21 Oktober 2017. Dan akan diumumkan tanggal 24 Oktober mendatang. (b/kam)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top