Pariwara
Kesehatan

Hindari Kesalahan Gunakan Lensa Kontak

Ilustrasi. Foto: Pixabay

KENDARIPOS.CO.ID — Tampil lebih bergaya merupakan salah satu alasan perempuan menggunakan lensa kontak pada matanya, selain untuk menggantikan fungsi kacamata. Mata adalah jendela hati. Oleh karena itu, mata yang indah dianggap membuat penampilan makin menarik. Sayangnya, ada banyak kecerobohan atau kesalahan dalam menggunakan lensa kontak. Jika dibiarkan, bisa menyebabkan iritasi yang serius pada mata. Salah satu kesalahan paling umum adalah lupa mencopot atau tetap memakai lensa kontak saat tidur. Padahal, hal tersebut dapat menyebabkan mata menjadi infeksi. Boldsky, Jumat (20/10) menyebutkan sedikitnya ada 10 hal yang wajib dihindari saat menggunakan lensa kontak agar mata tetap sehat dan indah.

Pemakaian terlalu lama. Banyak orang menggunakan lensa kontak melewati batas waktu yang telah ditentukan. Orang memutuskan melepaskannya ketika sudah benar-benar mengganggu. Jangan sampai melakukan hal ini berulang kali jika ingin membuat mata tetap sehat. Tak cuci tangan sebelum pasang lensa. Menyentuh lensa tanpa mencuci tangan bisa menyebabkan infiltrasi kornea (CIEs). Dianjurkan agar mencuci tangan sebelum memakai lensa dan juga sebelum mengeluarkannya. Tangan jangan lembap. Keringkan tangan sebelum menyentuh lensa. Air dapat menyimpan mikroorganisme berbahaya yang dapat ditransfer ke lensa dan kemudian masuk ke mata.

Pakai lensa saat tidur. Orang yang tidur dengan lensa kontak berisiko lima kali lebih tinggi terkena infiltrasi kornea. Penggunaan lensa kontak secara terus-menerus dapat membawa risiko infeksi. Lensa kontak bekas. Lensa kontak bekas atau sudah kadaluarsa bisa menimbulkan bakteri berkembang biak. Tidak mengeringkan tempat atau wadah lensa kontak Bakteri menyukai kelembapan. Untuk mencegah luka pada kornea, pastikan wadah dalam keadaan kering. Jangan letakkan di bibir. Saat hendak memasang lensa kontak, jangan tempatkan di bibir. Justru mulut atau bibir lebih banyak bakteri daripada wadah lensa.

Terkontaminasi makeup. Jangan sampai terkena maskara atau eyeliner karena dapat mengontaminasi lensa. Lepaskan lensa saat mata iritasi. Bila mata merah dan mengganggu, maka lepaskan lensa kontak. Mata bisa teriritasi karena infeksi atau jika ada air mata di lensa kontak. Mandi pakai lensa kontak. Kamar mandi, bak mandi air panas, kolam renang bisa memiliki banyak bakteri yang bisa menyiram lensa kontak. Jangan lupa untuk melepaskan lensa kontak dulu sebelum mandi. (JPG)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top