Pariwara
Hukum & Kriminal

Empat Penikmat dan Pengedar Sabu di Kendari Diringkus


Kasat Narkoba Polres Kendari, Iptu Rudika Kanajiri (kiri) menunjukan barang bukti hasil kejahatan penyalahgunaan narkoba yang diamankan
dari para pelaku. Foto : ADWIN BARAKATI / KENDARI POS

KENDARIPOS.CO.ID — Sudah banyak pengguna dan pengedar narkoba jenis sabu yang dijebloskan ke balik jeruji. Bukannya memberi efek jera bagi pelaku lainnya dan tindak pidana penyalahgunaan narkoba berkurang. Justru nyaris setiap pekan polisi menangkap pelaku. Rabu lalu, Polres Muna dan Polsek Tinanggea, Konsel berhasil menangkap pengguna, kurir hingga pengedar sabu. Pekan lalu, Satresnarkoba Kolut dan BNNK Kolaka mengungkap kasus sabu.

Teranyar, Satresnarkoba Polres Kendari membekuk empat penikmat dan pengedar sabu. Mereka adalah Abdul Hamid alias Iwan, I Ketut Purwa, Hasan Basri dan Muhamad Ansar. Empat orang itu ditangkap Senin (16/10) malam lalu, tak lama setelah transaksi narkoba. Pelaku ditangkap di dua tempat sekaligus. Abdul Hamid dan I Ketut Purwa dibekuk di wilayah Kecamatan Ranomeeto, Konsel. Sedangkan Hasan Basri dan Muhamad Ansar dicokok di BTN Aditama Residence, Jalan Banteng, Kelurahan Poasia, Kecamatan Poasia. Setelah digeledah, didapatkan barang bukti sabu sekira 124 gram.

Kasat Narkoba Polres Kendari, Iptu Rudika Kanajiri mengatakan dari hasil pemeriksaan diketahui I Ketut Purwa dan Hasan Basri dianggap pemakai. Keduanya tidak diproses hukum, namun dilakukan asesmen. Kata Iptu Rudika, pihaknya sementara melakukan koordinasi dengan Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Kendari. “Sementara Abdul Hamid dan Muhamad Ansar, kami tahan karena mereka adalah pengedar,” ujar Iptu Rudika, Kamis (19/10).

Iptu Rudika menjelaskan penangkapan penikmat dan pengedar itu setelah polisi mendapat informasi akan adanya transaksi narkoba Senin malam. Berbekal informasi itu, aparat langsung bergerak dan melakukan penggerebekan. Di menyebutkan, kedua orang yang diduga sebagai pengedar di Kota Kendari diduga terikat dalam sebuah jaringan. “Sebab, salah seorang pelaku adalah warga Tarakan, bukan warga Kota Kendari,”beber Iptu Rudika.

Selain barang bukti sabu, polisi juga berhasil menyita alat isap sabu, timbangan elektrik dan beberapa kartu ATM. Dua pengedar sabu dijerat pasal 114 ayat 2 subsider 112 ayat 2 Undang-Undang Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika. Ancaman hukumannya empat tahun pidana penjara. (ade/c)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top