Pariwara
Metro Kendari

DLHK Kendari : Pemanfaatan Limbah B3 Harus Miliki Izin

KENDARIPOS.CO.ID — Menyimpan dan memanfaatkan limbah bahan berbahaya (B3) tidak bisa serampangan. Perusahaan atau pengusaha harus mengantongi izin. Bila tidak punya izin maka dapat dikenakan sanksi pidana. Izin penyimpanan cukup diajukan kepada pemerintah daerah, sedangkan untuk izin pemanfaatan diterbitkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup.

Hal ini disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Bidang Peningkatan Kapasitas dan Pemantauan Lingkungan Dinas LHK Kota Kendari, Arifin. Menurutnya, hampir semua perusahaan yang ada di wilayah Kota Kendari menghasilkan limbah B3 seperti hotel, restoran dan lainnya. Namun, kata dia sejauh ini semua perusahaan tersebut telah memiliki izin penyimpanan. Untuk perusahaan yang menyimpan sementara limbah B3 harus mengurus izin ke Pemkot Kendari dan diteken wali kota. Begitu juga di kabupaten dan provinsi. Sedangkan, bagi yang memanfaatkannya meski mengurus izin ke kementerian. “Izinnya itu melalui Dirjen Pengelolaan Sampah Kementerian Lingkungan Hidup,” ujar Arifin, Kamis (19/10).

Sebagai catatan, kata dia, limbah B3 itu adalah zat, energi, dan atau komponen lain yang karena sifat, konsentrasi, dan atau jumlahnya, baik secara langsung maupun tidak langsung, dapat mencemarkan atau merusak. Untuk itu, jika ada pihak yang ingin memanfaatkan limbah B3, harus memiliki izin. “Jangankan memanfaatkan, menyimpan dan membawa atau mengirim limbah B3 harus memiliki izin. Karena kalau tidak, itu bisa dipidana,”beber Arifin.

Saat ini, piha Dinas Lingkungan Hidup Kota Kendari selau memberikan pemahaman kepada pihak hotel dan perusahaan lainnya yang ada di Kota Kendari, khususnya yang menghasilkan limbah B3 agar menyimpannya dengan baik. Karena dalam Undang-Undang 32 tahun 2009 dan peraturan pemerintah No.101 tahun 2014,limbah B3 mesti disimpan di TPS limbah B3. “Mekanisme penyimpananya, harus memenuhi ketentuan teknis. Pusaran dan luasan TPS limbah B3, tergantung dengan jumlah produksi limbah yang dihasilkan,” tutupnya. (ade/c)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top