50 Hektare Sawah di Buton Tengah Baru Dicetak – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Buton Tengah

50 Hektare Sawah di Buton Tengah Baru Dicetak

Makmur Sangkalibu

KENDARIPOS.CO.ID — Pencetakan sawah baru seluas 50 hektare akan dilakukan di Buton tengah (Buteng). Bantuan tersebut berasal dari anggaran pendapatan dan belanja negara APBN dengan total dana Rp 800 juta. Anggaran tersebut dikucurkan melalui program tugas perbantuan itu diharapkan dapat mewujudkan swasembada pangan. Kadis Pertanian Buteng, Makmur Sangkalibu mengatakan, cetak sawah baru tersebut merupakan bantuan pusat dari dana APBN senilai Rp 16 juta tiap hektare. Bantuan disalurkan melalui program tugas perbantuan sehingga kuasa pengguna anggaran ada di Dinas Pertanian Sultra.

“Sementara kami berperan untuk melaksanakan pendampingan pada masyarakat. Selain itu, kami juga menjadi penanggung jawab lapangan dan melakukan pengawasan,” ungkapnya, kemarin. Cetak sawah baru seluas 50 hektare tersebut akan dikembangkan di Desa Terapung, Waburense, Buteng. Penanaman akan dilaksanakan pada tanggal 25 Oktober 2017 mendatang. “Rencananya, pak bupati (Samahuddin) akan meresmikan cetak sawah baru ini,” ujarnya.

Makmur Sangkalibu mengungkapkan, untuk pengembangan cetak sawah baru tersebut pihaknya mendatangkan 50 kepala keluarga dari Desa Labulubulu, Muna. Mereka diharapkan dapat menjadi guru bagi masyarakat lokal dalam pengelolaan sawah baru. Pasalnya, tahun lalu masyarakat diberi kesempatan untuk uji coba, namun hasilnya gagal panen. “Kita menyadari petani kita belum ada yang profesional untuk pengelolaan sawah. Kami juga sudah melakukan pendekatan kepada masyarakat lokal dengan memberi hak penuh pengelolaan sawah tersebut, tapi gagal. Olehnya itu, kami mencoba mendatangkan petani luar cukup profesional dalam mengelola sawah,” tutupnya. (c/myu)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top