Pariwara
Muna

220 Anggota Polres Muna Tes Psikologi

Para anggota Polres Muna mengikuti tes psikologi untuk mengetahui layak tidaknya mereka memegang senjata api. Foto: Muhammad Ery/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Pemegang senjata api (Senpi) di jajaran kepolisian resort (Polres) Muna menjalani tes psikologi. Ada 220 personel, mulai dari pangkat ajun komisaris besar polisi (AKBP) hingga brigadir diwajibkan menjalani pemeriksaan berkala tersebut. Selain itu, juga dilakukan pemantauan kompetensi kejiwaan bagi anggota Bhayangkara yang berhak mengikuti seleksi pendidikan pengembangan Polri 2017/2018. Jika dalam proses penilaian tak memenuhi standar kelulusan, maka secara otomatis yang bersangkutan tak diberi kewenangan memiliki Senpi.

Ketua Tim, AKBP Danang Kuswoyo melalui Kasubagpsipol Polda Sultra, Kompol Udin Yulianto menjelaskan, indikator kelulusan dalam menjalani tes tersebut adalah, bagaimana anggota mengetahui pengendalian Senpi, tidak mudah stres, agresifitas terkontrol. “Sehingga kecenderungan untuk melukai diri dan orang lain dapat diketahui. Tes psikologi untuk mengetahu kepribadian. Jangan sampai ada anggota yang dapat mencelakai orang. Kalau tidak memenuhi syarat maka senjata yang dimiliki ditarik,” ujar Kompol Udin Yulianto di Aula Polres Muna, Kamis (19/10). Kata dia, sejauh ini, dari semua anggota yang menjalani tes, rata-rata nilainya tak sampai 100 persen.

Berdasarkan fakta empirik, paling tinggi 50 persen yang memenuhi syarat sesuai hasil tes berkala. “Tes ini dilakukan sebagai pemantauan sekaligus pembimbingan pengembangan. Mapping perwira, pembinaan karier nanti akan diteruskan ke Mabes Polri sebagai dasar pembinaan ke depan,” jelasnya sambil mengaku, hasil tes diumumkan dua pekan lagi. Seentara itu, Kapolres Muna, AKBP Agung Ramos Paretongan Sinaga mengaku, kegiatan ini merupakan program Polda Sultra untuk melaksanakan tes psikologi seluruh personel di wilayah hukumnya. “Saya juga ikut tes. Optimis lulus. Apapun yang menjadi hasilnya nanti, siap diterima, ” pungkasnya. (b/ery)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top