Pariwara
Edukasi

UHO Tingkatkan Partisipasi Masyarakat Wujudkan Green Campus

Wa Ode Sitti Febriani/Kendari Pos
Ketua Pengabdian Peningkatan Partisipasi Masyarakat, Prof Dr H Usman Rianse (keempat dari kanan depan) bersama dosen pembimbing dan mahasiswa KKN Tematik Oktober 2017.

KENDARIPOS.CO.ID — Kegiatan pengabdian dosen terintegrasi Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik 2017, resmi dilepas oleh Rektor Universitas Halu Oleo (UHO) Prof. Dr. Muhammad Zamrun, M.Si, M.Sc., Selasa (17/10) lalu. KKN kali ini diikuti 120 dosen pembimbing dan 600 mahasiswa yang tersebar pada 40 desa/kelurahan di Kota Kendari, Konawe, Konawe Selatan dan Muna Barat.

Salah satu bentuk pengabdian dosen terintegrasi KKN tematik yang disetujui pelaksanaanya adalah Peningkatan Partisipasi Masyarakat Sekitar Kampus UHO dan Sivitas Akademika Dalam Mewujudkan Pengelolaan Green Campus Menuju Pencapaian UI Greenmetric yang Lebih Baik. Pengabdian ini diketuai Prof. Usman Rianse dengan anggota Zulfikar, M.P., dan Weka Adi Suryawan, S.T, M.Eng sebagai dosen pembimbing lapangan dengan jumlah mahasiswa 37 orang dari 10 fakultas dan 14 jurusan.

Zulfikar, anggota tim pengabdian, mengungkapkan bahwa pemilihan judul dilandasi oleh upaya peningkatan peringkat UI Green Metric UHO yang pada tahun 2016 menempati peringkat 21 di Indonesia dari seluruh perguruan tinggi negeri dan swasta yang mengikuti perangkingan sebagai kampus yang mengusung konsep green campus. Dimana pada tahun 2016 UI GreenMetric diikuti oleh 516 perguruan tinggi dari empat benua.

Dijelaskan bahwa UI GreenMetric merupakan sistem pemeringkatan perguruan tinggi pertama di dunia yang basis penilaian utamanya adalah komitmen perguruan-perguruan tinggi dalam pengelolaan lingkungan hidup yang berpusat di Universitas Indonesia. Indikator yang digunakan adalah statistik kehijauan kampus (15%), pengelolaan sampah (18%), energy dan perubahan iklim (21%), penggunaan air (10%), transportasi (18%) dan pendidikan (18%).

“UHO sebagai salah satu kampus yang konsen dan peduli akan lingkungan dan mendapatkan predikat green campus sejak tahun 1995 karena komitmennya kuat terhadap kelestarian lingkungan, mengemban amanah untuk membentuk generasi yang ramah lingkungan di dalam kampus sehingga kampus dapat melahirkan sumber daya manusia yang peduli akan lingkungannya. Komitmen ini mewajibkan UHO untuk terus berupaya mempertahankan predikat tersebut,” terangnya.

Menurut Kajur Ilmu Tanah ini, pelaksanaan pengabdian dosen terintegrasi KKN tematik dengan tema Peningkatan Partisipasi Masyarakat Sekitar Kampus UHO dan Sivitas Akademika Dalam Mewujudkan Pengelolaan Green Campus Menuju Pencapaian UI Greenmetric yang Lebih Baik ini, tentu memiliki target kegiatan. Yaitu meningkatkan kepedulian dan rasa cinta masyarakat sekitar kampus dan sivitas akademika terhadap UHO dalam pengelolaan lingkungan, dan tercapainya beberapa target indikator penilaian UI Green Metric.

Adapun usulan kegiatan yang dilakukan, terdiri dari pendataan dan membuat analisis berbagai pengaturan gedung dan lingkungan UHO dalam menuju lingkungan hijau, melaksanakan sosialisasi terhadap sivitas akademika UHO terhadap penggunaan energi, alternatif energi dan masalah perubahan iklim serta melaksanakan kegiatan sosialisasi pada masyarakat sekitar kampus bersama pemerintah Kota Kendari tentang pengelolaan sampah dan bangunan/lapak-lapak liar depan kampus UHO serta pelatihan daur ulang sampah dan limbah yang ada di universitas (dalam dan depan kampus)

“Pelibatan sivitas akademika dan masyarakat sekitar kampus utamanya yang berada di depan kampus, menjadi salah satu kunci keberhasilan dengan dukungan 37 mahasiswa. Metode yang akan digunakan pada pelaksanaan program usulan dengan cara pendekatan kelompok pada mitra masyarakat maupun sivitas akademika UHO,” tandas mahasiswa program doktor UHO ini. (feb/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top