Pariwara
Kolaka Utara

Pemkab Kolut Gagas Pendirian PT

KENDARIPOS.CO.ID — Para pelajar di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) yang telah menamatkan pendidikan pada jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat rata-rata harus meninggalkan kampung halamannya untuk melanjutkan studi ke jenjang perguruan tinggi (PT). Melihat kondisi tersebut, pemerintah kabupaten (Pemkab) kini memikirkan agar ke depan di otorita Bupati, H. Nur Rahman-H. Abbas tersebut bisa berdiri sebuah kampus untuk mengakomodir para peserta didik menjadi mahasiswa.

Sekertaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kolut, Hasanuddin, M.Pd mengaku, meski tidak ada data resmi jumlah putra-putri Kolut yang keluar daerah melanjutkan pendidikan namun hampir dipastikan sebagian besar lulusan SMA setiap tahunnya keluar daerah. Mereka tersebar di Makassar, Palopo, Sulawesi Selatan (Sulsel) serta Kendari dan Kolaka di Sulawesi Tenggara (Sultra).

“Jadi di Kolut terbagi dua, Lasusua ke Utara (Tolala) rata-rata menuju Sulsel karena wilayah batas. Sedangkan dari Lasusua ke selatan menuju ke Kolaka dan Kendari,” jelasnya saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (18/10). Dengan tersebarnya para pelajar di beberapa daerah, Kolut saat ini baru memiliki satu unit asrama mahasiswa yakni di Makassar. Pemkab akan mengupayakan pembangunan tiga unit asrama lainnya di Kendari, Palopo dan Kolaka. “Program ini baru akan digodok tahun 2018 mendatang,” katanya.

Menyangkut pendirian PT, belum ada lokasi yang dianggap tepat untuk pembangunan kampusnya. Namun, program ini sudah menjadi misi bupati dalam masa kepemimpinannya ke depan untuk direalisasikan. “Sudah seharusnya Kolut juga punya PT sendiri layaknya Kolaka. Sebab jumlah pelajar yang melanjutkan pendidikan juga banyak,” pungkasnya. (c/rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top