LPj DD Tahap I Konkep Belum Diserahkan – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Konawe Kepulauan

LPj DD Tahap I Konkep Belum Diserahkan

MURSALIN/KENDARI POS
Kegiatan silaturahmi antara Pemkab Konkep bersama pihak Ditjen Perbendaharaan dan BPKP Sultra, rabu(18/10)

KENDARIPOS.CO.ID — Laporan pertanggungjawaban (LPj), keuangan dana desa (DD) tahap I tahun 2017 di Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) belum juga diserahkan. Padahal pihak kantor wilayah (Kanwil) Ditjen Perbendaharaan Sulawesi Tenggara (Sultra) telah menanti penyerahaan laporan tersebut sejak Agustus lalu. Sayangnya, sampai saat ini, LPj belum juga dimasukan. Konsekuensinya, pencairan tahap II tahun ini tertunda.

Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Sultra, Ririn Kadariyah berharap, Badan Keuangan Daerah (BKD) serta Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa bisa secepatnya melaporkan penggunaan keuangan negara itu agar DD tahap II bisa secepatnya dicairkan.
“Kalau laporan tahap I kami sudah terima, maka DD tahap II segera akan cairkan,” ujar Ririn saat ditemui di Konkep usai berkoordinasi bersama pemerintah di daerah itu, Rabu, (18/10).

Ia menegaskan, besarnya anggaran yang digelontorkan pada masing-masing desa, harus dikelola dengan hati-hati. Dalam mengelola DD tersebut harus tepat sasaran, agar tidak ada satupun kepala desa (Kades) yang terjerat hukum karena salah mengelola DD tersebut. “Harus sesuai perencanaan dan LPj DD. Jangan ada niat jahat menyelewengkan DD agar tidak dipenjara,” tuturnya.

89 Kades diminta pandai mengelola anggaran sesuai aturan agar penggunaan dana tersebut bisa terkoneksi dengan program nasional, daerah dan desa. Dalam pengelolaan DD ini, Inspektorat Daerah harus memiliki auditor berkualitas yang bisa menghitung kerugian negara.

“Pada satu sisi harus pantau pemerintah dan dipihak lain kami menegakkan hukum. Kami juga melakukan pembinaan pengelolaan keuangan agar Kades tidak ada yang berhadapan dengan penegak hukum,” timpal Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Sultra, R. Ersih Soenarsih.

Untuk diketahui, kegiatan silaturahmi antara Pemkab Konkep dengan BPKP serta Kanwil Ditjen Perbendaharaan Sultra digelar di aula BKD dihadiri langsung Wakil Bupati Konkep, Andi Muhamad Lutfi serta kepala satuan kerja perangkat daerah. (c/san)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top