Pariwara
Metro Kendari

Incar Plat “Gantung” Satlantas Kendari Gelar Razia

Polisi Lalu Lintas Polres Kendari mengarahkan pengendara yang terpantau menggunakan plat “gantung”. Selain itu, kelengkapan surat kendaraan juga diperiksa. Beberapa pengendara diberikan tilang karena melanggar. Foto : KAMARUDDIN DAI / KENDARI POS

KENDARIPOS.CO.ID — Satlantas Polres Kendari mengincar plat “gantung” atau plat modifikasi. Bagi para pengemudi dan pengendara yang ditemukan menggunakan plat, Polisi Lalu Lintas (Polantas) siap menindak. Sebab, plat tiruan itu dianggap tidak sesuai dengan Undang-Undang (UU) Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Raya. UU itu menegaskan bahwa setiap kendaraan harus menggunakan tanda kendaraan bermotor sesuai dengan aturan yang ada.

Rabu (18/10), beberapa personel Satlantas Polres Kendari menggelar razia di kawasan Abdullah Silondae. Berbekal plang pengumuman bertuliskan pemeriksaan, personel sigap mengarahkan pengendara yang terindentifikasi menggunakan plat hasil modifikasi. Kaur Bin Ops Satlantas Polres Kendari, Ipda Usaman Lanna, mengatakan razia rutin digelar untuk menindak pengendara yang melanggar. Salah satunya tanda kendaraan bermotor yang tidak sesuai, dan melakukan tindakan langsung atau tilang bagi para pengendara yang terbukti melanggar aturan. “Jadi kalau plat gantung itu memang dilarang, dan sudah ada beberapa pengendara yang kendaraannya plat gantung dan kami langsung tilang,” ujarnya tanpa merinci jumlah penggendara yang ditindak, Rabu (18/10).

Bukan hanya para tanda nomor kendaraan yang dipantau. Polantas juga memantau kelayakan kendaraan, kelengkapan surat-surat dan atribut kendaraan yang tidak lengkap seperti kaca spion dan penggunaan helm. “Jadi yang pajaknya kendaraan mati, kami tilang dan kami arahkan ke Samsat. Tilang diberikan untuk memberikan efek jera kepada para pengendara yang melanggar. Ini untuk kepentingan keselamatan, bukan kepentingan kami,” tegasnya. Ipda Usaman Lanna menjelaskan razia rutin itu sebagai wahana mengedukasi masyarakat agar selalu mematuhi aturan berlalu lintas. Karena dengan mematuhi aturan akan menghindarkan pengendara dari lakalantas. (kmr/c)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top