Dikmudora Koltim Sosialisasi Program KIP – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Kolaka Timur

Dikmudora Koltim Sosialisasi Program KIP

KUSDIN/KENDARI POS
Sosialisasi program Indonesia Pintar sekaligus penyerahan buku simpanan pelajar di Koltim, rabu(18/10)

KENDARIPOS.CO.ID — Salah satu program Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo adalah memberikan pelayanan pada masyarakat melalui program kartu Indonesia pintar (KIP). Di Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), program tersebut terus disosialisasikan oleh instansi teknis sebagai penanggung jawab, Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga (Dikmudora).

Kepala Dinas Dikmudora Koltim,  Surya Adelina Hutapea mengapresiasi orang tua siswa yang merespon program nasional ini. Pihaknya hanya menerima calon penerima KIP sesuai rekomendasi dari  kelurahan dan desa yang menerbitkan surat keterangan tidak mampu kepada siswa tersebut. Untuk itu, ia berharap para kepala desa dan camat serta kepala sekolah agar bisa membantu dengan memberikan data yang benar, agar bantuan KIP tepat sasaran pada pihak yang membutuhkannya.

“Selain dari pemerintah pusat, Pemkab Koltim juga menyalurkan bantuan kepada pihak sekolah melalui penghapusan uang komite agar tidak dipungut lagi ke  orang tua siswa. Sebab uang komite sudah ditanggung dalam APBD. Kami terus berupaya meningkatkan sumber daya manusia (SDM) masyarakat Koltim. Supaya generasi muda gampang memperoleh pendidikan mulai SD hingga SMA,” papar Surya Adelina Hutapea, Rabu (18/10).

Dikmudora terus intens mengoptimalkan komunikasi dengan pihak sekolah agar pendidikan ditingkatkan dan merata. Sementara itu Bupati Koltim, H. Tony Herbiansyah mengatakan, pemerintah pusat dan daerah sudah cukup banyak mengalokasikan anggaran untuk pendidikan. Untuk itu, para kepala sekolah, guru dan orang tua diminta memberi perhatian lebih pada anak didiknya.

Menurutnya, sesuai instruksi presiden nomor 7 tahun 2014, KIP bertujuan meningkatkan akses bagi anak usia 6-21 tahun agar mendapatkan layanan pendidikan dalam mendukung pelaksanaan pendidikan menengah universal atau rintisan wajib belajar 12 tahun.

“Pemkab Koltim juga telah menyiapkan dana untuk bidang pendidikan yang bersumber dari APBD kurang lebih Rp 40 miliar yang diperuntukkan bagi perbaikan sarana prasarana sekolah mulai dari TK sampai SMP. Lalu, pemenuhan kebutuhan tenaga pendidik dan kependidikan, melalui pemberian SK bupati bagi guru honorer tahun 2017 sebanyak 852 orang,” jelasnya.

Salah satu upaya perbaikan SDM, Pemkab telah menggagas kerja sama dengan perguruan tinggi di Sultra yaitu Unilaki dan IAIN Kendari. (c/kus)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top