Pariwara
Buton

Blangko Tersedia, Warga Buton Bisa Cetak KTP-el

DOK/MUHAMMAD YUSUF/KENDARI POS
Direktur RSUD Buteng, dr. Karyadi memperlihatkan sarana penunjang dalam persiapan operasional rumah sakit. Kekurangan lain yang sedang ditangani adalah keberadaan tenaga medis.

KENDARIPOS.CO.ID — Bagi warga Buton yang sudah melakukan perekaman kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el) namun baru mendapatkan surat keterangan (Suket), kini bisa segera berurusan ke Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil). Saat ini, blangko KTP-el yang kosong sejak Mei lalu sudah tersedia. Kemendagri baru saja mendistribusikan 2.000 keping ke Buton.

Kepala Bidang Pengelola Informasi dan Administrasi Kependudukan dan Pemanfaatan Data Disdukcapil Buton, Karim membenarkan jika sejak pekan lalu pihaknya sudah mengambil langsung jatah blangko ke Kemendagri. Saat ini proses percetakan tengah dilakukan. “Hanya 2.000 yang kami dapat dari usulan 5.000 keping,” jelasnya, Rabu (18/10).

Ia mengatakan jika jatah yang diterima tidak mencukupi semua kebutuhan perekaman dan penggantian Suket. Untuk itu, pihaknya mendahulukan penggantian Suket yang terbit sejak Januari lalu. “Kemungkinan kita hanya bisa akomodir Suket yang terbit hingga Mei,” sambungnya.

Karim menambahkan, informasi yang ia peroleh, jatah blangko akan didistribusikan kembali pada Desember mendatang. Mengenai jumlah, ia tidak bisa memastikan. Hanya saja jika merujuk pada kebutuhan, jatah blangko seharusnya bisa 3.000 ribu keping lebih. “Karena dipastikan Oktober sampai Desember itu pasti perekaman bertambah,” urainya.

Saat ini, sejak blangko diterima, Dukcapil sudah melakukan percetakan 300 KTP-el. Ia memersilahkan warga jika ingin mengambil KTP-el terutama yang telah melakukan perekaman sejak Januari. “Kami juga akan bagikan langsung melalui perangkat desanya. Saat ini kami sedang sortir berdasarkan wilayah,” pungkas Karim. (c/m1)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top