Pariwara
Metro Kendari

Beri Uang ke Anak Jalanan Warga Didenda Rp 50 Juta

KENDARIPOS.CO.ID — Berbuat baik belum tentu berakibat baik. Warga yang ketahuan Satpol PP memberi duit kepada anak jalanan (Anjal) siap-siap dijerat sanksi. Cukup berat sanksinya. Denda Rp 50 juta bakal diterapkan Satpol PP Kota Kendari. Tak hanya itu, ancaman kurungan paling lama enam bulan menanti. Denda dan ancaman kurungan itu sesuai peraturan daerah (Perda) Kota Kendari Nomor 9 tahun 2014 tentang anak jalanan, pengemis, gelandangan dan pengamen.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Kendari, Amir Hasan memastikan sanksi itu efektif berlaku mulai pekan depan. Makanya pekan ini, Satpol PP intens menggelar sosialisasi. Nantinya, Satpol PP akan menindak para warga atau pengendara yang memberikan uang kepada pengemis, pengamen dan anak jalanan (Anjal).

Amir Hasan menjelaskan pihaknya kini sedang melakukan sosialisasi Perda karena masih banyak masyarakat yang tidak tahu. Sejumlah Provos Satpol PP Wanita diturunkan disejumlah traffic light sembari membagikan selebaran yang berisikan beberapa Perda, salah satunya Perda Nomor 9 tahun 2014. “Memberikan uang kepada Anjal itu melanggar Perda, dan hukumannya sangat tegas dijelaskan di Perda. Dan itu masih banyak yang belum tahu, jadi hari ini kami sosialisasikan. Minggu depan akan kami terapkan,” tegas Amir Hasan.

Mantan Camat Kadia itu menambahkan pelibatan Satpol PP Wanita berparas rupawan dalam sosialisasi ini sebagai bentuk mengeliminir imej Satpol PP garang dan tahunya hanya menertibkan lapak pedagang. Setelah sosialisasi tutnas, Satpol PP akan rutin berpatroli untuk menertibkan para Anjal yang dapat mengganggu kenyamanan masyarakat dalam berkendara. “Kota Kendari adalah kota layak anak dan kota layak huni, olehnya itu penertiban harus kami lakukan, dan salah satu penyebab menjamurnya Anjal karena masyarakat yang memberikan mereka uang. Olehnya itu dengan sosialisasi ini kami berharap agar masyarakat sadar dan membantu pemerintah untuk menertibkan para Anjal,” paparnya. (kmr/b)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top