Polda Sultra Siap Amankan Pilkada – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Politik

Polda Sultra Siap Amankan Pilkada

Kombes Budi Wasono

KENDARIPOS.CO.ID — Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 masih beberapa bulan digelar. Sebagian tahapan Pilkada sudah dimulai tahun ini. Tanpa menunggu tahun 2018, Polda Sultra sejak dini sudah bersiap untuk mengamankan momen pencarian kepala daerah tersebut. Polda Sultra sudah mempersiapkan perkuatan personel yang dibutuhkan dalam pengamanan (PAM) pesta demokrasi tahun 2018 di Pilkada Konawe, Pilkada Kolaka, Pilwali Baubau dan Pilgub Sultra.

Direktur Direktorat Sabhara Polda Sultra, Kombes Budi Wasono mengatakan saat ini tengah mempersiapkan fisik dan mental personel yang akan diturunkan. Selain itu, koordinasi dengan Brimob Polda Sultra terus dimantapkan untuk mengawal proses jalannya Pilkada nanti. Langkah strategis itu dilakukan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi saat proses Pilkada di Sultra.

Kombes Budi Wasono menambahkan kondisi fisik dan mental yang prima sangat mendukung sebagai dasar pengamanan. Makanya personel Sabhara intens menggelar latihan fisik, bela diri dan latihan lainnya. Latihan fisik sangat penting untuk memberikan kekuatan, agar dalam pengamanan nanti personel Sabhara sudah siap. Dalam bahasa Kombes Budi Wasono, dengan latihan itu personel tanggap dalam segala hal. “Sabhara sudah mempersiapkan langkah-langkah. Kami setiap hari latihan, baik Dalmas Kerangka maupun Dalmas Inti,” kata Kombes Budi Wasono, Selasa (17/10).

Tak hanya menyiapkan kondisi fisik prima personel, Kombes Budi Wasono juga memastikan fasilitas atau perlengkapan pengamanan di lapangan telah disiapkan. Berkaitan dengan PAM Pilkada, fokus personel yakni kantor KPU, PPK, TPS dan kantor kecamatan. Sebab ditempat ini, biasanya yang sering terjadi kericuhan. Peningkatan keamanan kata dia terus dilakukan. Potensi konflik biasanya terkait hasil perhitungan suara, makannya pemetaan personel adalah mencegah konflik.

Kombes Budi Wasono berharap Pilkada berjalan aman. Tidak ada gejolak. Pasangan caalon yang belum beruntung sebaiknya menyampaikan gugatannya melalui mekanisme hukum. Sebab, jika masyarakat pendukung terlibat konflik dan merusak aset pemerintah maka kepolisian akan menindak. (ade/c)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top