Pendamping Desa di Konawe Harus Punya Inovasi – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Konawe

Pendamping Desa di Konawe Harus Punya Inovasi

KENDARIPOS.CO.ID — Para pendamping desa di Konawe kembali diingatkan. Tugas dan fungsi mereka harus dapat mengawal pembangunan melalui pengelolaan dana desa (DD) yang sesuai regulasi dan tak menyimpang. Peringatan itu disampaikan Wakil Bupati (Wabup) Konawe, Parinringi dalam kegiatan sosialisasi program inovasi desa (PID) dan pembentukan tim inovasi kabupaten (TIK) di Aula Inowa, Selasa (17/10).

Apalagi dengan adanya PID dan terbentuknya TIK Konawe, ia berharap undang-undang desa dapat berjalan sesuai amanatnya. Bagiamana desa menjadi kuat, mandiri, sejahtera dan berdaya saing. “Program inovasi desa ini merupakan upaya Kemendes PDTT dalam mempercepat penanggulangan kemiskinan melalui pemanfaatan DD secara lebih berkualitas. Saya harap program ini bisa berjalan baik ke depannya,” pinta Parinringi.

Menurutnya, percepatan pembangunan di desa bisa dilakukan dengan strategi berkelanjutan, khususnya dalam bidang pengembangan ekonomi lokal, kewirausahaan, sumber daya manusia, pelayanan sosial dasar, serta infrastruktur desa. “Saya yakin, kalau berjalan baik, maka akan memicu berbagai inovasi dan pertukaran pengetahuan secara partisipatif, yang dapat menjadi salah satu bentuk dukungan pada desa, agar lebih efektif dalam menyusun penggunaan DD,” terangnya.

Terkait dengan program inovasi desa, ia mengaku merasa senang, sebab Kemendes PDTT akan menggelontorkan dana hingga Rp 1 miliar, untuk mendanai proses lahirnya kegiatan inovasi pada 21 Kecamatan dan 240 desa di Konawe. “Untuk itu, saya instruksikan pada semua SKPD terkait, camat dan kepala desa serta berbagai unsur yang terlibat untuk bersinergi dan bekerjasama menyukseskan program inovasi desa. Saya harap, semua berjalan lancar agar berdampak pada kualitas usulan perencanaan kegiatan, utamanya yang menunjang ekonomi masyarakat. Sehingga kesejahteraan desa akan menjadi simbol majunya sebuah daerah,” pungkasnya. (c/hel)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top