Bawaslu Soroti Sistem Pendaftaran Partai – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Politik

Bawaslu Soroti Sistem Pendaftaran Partai

ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Nafas lebih panjang dimiliki 16 partai politik yang belum melengkapi berkas persyaratan pendaftaran. Pasalnya, KPU memberikan kesempatan 1 x 24 jam sejak penutupan pendaftaran untuk partai memperbaiki dokumen yang dipersyaratkan melalui Surat Edaran 585/PL.01.1-SD/03/KPU/X/2017. Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Mochammad Afifuddin menilai, penambahan waktu pemenuhan berkas menunjukkan ketidaksiapan KPU. Sebab, proses pendaftaran yang tidak effisien membuat banyak partai tercecer dalam mendaftar.
Afif mengatakan, salah satu persoalan yang mengakibatkan partai lambat adalah Sistem Indormasi Partai Politik (SIPOL). Secara umum, lanjutnya, ada tiga masalah utama yang masuk terkait Sipol. Mulai dari sistem trouble, hingga waktu mengunggah data yang lama. “Misal Hanura melakukan input, proses uploading sebuah data di SIPOL ada yang sampai 180 jam,” ujarnya di Kantor Bawaslu RI, Jakarta, Selasa (17/10).

Selain itu, lanjutnya, ada juga kasus tidak munculnya notifikasi atau pemberitahuan terkait penginputan data. Akibatnya, partai tidak tahu apakah dokumen tersebut sudah terupload atau belum. “Kejadian ini dialami PSI,” imbuhnya. Sejak awal, kata Afif, Bawaslu sudah merekomendasikan agar KPU menyiapkan jalan alternatif jika SIPOL banyak bermasalah. Itu tertuang dalam surat Nomor 899/Bawaslu/PM.00.00/IX/2017 perihal potensi kesulitan pendaftaran melalui Sipol ke KPU pada 29 September 2017. Hanya saja, dia menyesalkan peringatan tersebut tidak ditindaklanjuti.

Komisioner KPU RI Pramono Ubaid Tanthowi menegaskan, pemberian waktu 1 X 24 jam bukanlah perpanjangan pendaftaran. Melainkan sebatas menuntaskan proses pendaftaran yang sudah ditutup pada Senin (16/10) pukul 00.00 WIB lalu. Menurutnya, hal itu bukanlah persoalan. Dia mencontohkan, saat pemungutan suara, pemilih masih bisa mencoblos meski melebihi pukul 13.00 siang. Namun dengan catatan, pemilih tersebut datang dan mendaftarkan diri ke TPS sebelum waktu pencoblosan ditutup. “Datangnya sebelum jam 1 siang, tapi karena antri diperbolehkan mencoblos setelah jam 1 siang. Seperti ini juga kita melihat partai yang mendaftar sebelum jam 12 malam,” ujarnya di Kantor KPU, kemarin (17/10).

Pram menjelaskan, KPU akan menunggu sampai Selasa (17/10) pukul 00.00 tadi malam. Setelah berkas perbaikan diterima, KPU akan melakukan pemeriksaan lanjutan atas dokumen tersebut. Jika dalam pemeriksaan dinyatakan tidak memenuhi, maka akan ditolak. “Biar tidak berlarut-larut, tidak ada kepastian hukum itu ya. Jadi ini kita memberi kepastian hukum agar pemeriksaannya ada batas waktunya,” imbuhnya. Terkait kapan hasil penelitian perbaikan berkas bisa diketahui, mantan Ketua Bawaslu Banten itu belum bisa memastikan. Menurutnya, hal itu sangat fluktuatif. Berdasarkan pengalaman pengecekan sebelumnya, waktu untuk meneliti berkas satu partai adalah 9 jam sampai 15 jam.

Untuk diketahui, hingga pukul 21.00 WIB dari 27 partai pendaftar, baru 11 yang dinyatakan lengkap. Yakni Partai Perindo, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Partai Hanura, Partai Nasdem, Partai Amanat Nasional, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Solidaritas Indonesia, Partai Berkarya, dan Partai Persatuan Pembangunan.

Sementara 16 partai yang masih dalam proses perbaikan adalah Partai Rakyat, Partai Republik, Partai Pemersatu Bangsa, Partai Idaman, Partai Garuda, Partai Indonesia Kerja, Partai Nasional Indonesia Marhaenisme, Partai Pengusaha dan Pekerja Indonesia, Partai Persindo, Partai Reformasi, Partai Republik Nusantara, dan Partai Bhineka Indonesia. Selain itu, ada juga empat partai lama. Yakni Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Demokrat, Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia, dan Partai Bulan Bintang. (far/jpg)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top