Wajib Pilih di Konawe Utara Meningkat – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Politik

Wajib Pilih di Konawe Utara Meningkat

KENDARIPOS.CO.ID — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Konawe Utara (Konut) memperkirakan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) meningkat pada pemilihan gubernur (Pilgub) tahun 2018 menfatang. Hanya saja, KPU belum bisa memastikan jumlah kenaikannya. Pasalnya, datanya baru bisa diperoleh usai pemutakhiran data rampung.

Ketua KPU Konut, Marwati mengungkapkan menurut estimasi sementara akan ada kenaikan jumlah daftar pemilih. Kenaikan wajib pilih didasari adanya pemilih pemula yang lulus sejak tahun 2016-2018 nanti. Sebelumnya, jumlah DPT Konut sebanyak 41.929 pemilih. “Hasil sosialisasi kami di sekolah SMA sederajat akan mengalami peningkatan DPT sekitar 2.000 lebih dari pemilih pemula yang lulus tahun 2016- 2017. Ini belum lagi yang tahun 2018, kedepan itu sebelum Pilgub pasti ada kenaikan lagi. Misalnya kelas dua sekarang tahun depan kan pasti sudah naik kelas tiga,” ujar Marwati saat ditemui kemarin.

Marwati menguraikan secara kelembagaan pihaknya tetap akan berkoordinasi dengan Disdukcapil Konut. Pasalnya, daftar jumlah pemilih dalam pemilu nantinya tidak terlepas dari hasil surat keterangan (Suket) maupun perekaman e-KTP yang dikeluarkan oleh Disdukcapil Konut. “Pendataan nanti akan kita koordinasikan secara terus menerus dengan Disdukcapil. Supaya setiap warga negara yang memiliki hak memilih dapat terpenuhi untuk menyalurkan suaranya,”ujarnya.

Pengajar di Universitas Halu Oleo (UHO) ini menambahkan jika DPT Konut secara real terdeteksi setelah dilakukan pemutahiran data pemilih setelah terbentuk PPK dan PPS ditingkat bawah. “Penetapan DPT akan dilangsungkan mulai dari tanggal 13- 19 April 2018,”jelasnya. (b/min)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top