Izin 82 Koperasi di Baubau Terancam Dicabut – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Bau-bau

Izin 82 Koperasi di Baubau Terancam Dicabut

KENDARIPOS.CO.ID — Jumlah lembaga koperasi di Kota Baubau, terbilang banyak. Sesuai data yang dimiliki Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) setempat, datanya mencapai 257 lembaga. Sayangnya, tak semua aktif. Sekitar 32 persen dari total koperasi yang ada, kepengurusannya bahkan sudah tak jelas.  “Dari 257 koperasi, yang aktif hanya 175. Yang lain, keanggotaannya tidak jelas,” kata Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Baubau, Syamsul Bahri saat ditemui di ruang kerjanya, minggu(15/10). Pihaknya sementara melakukan penyuluhan atau pembinaan, khususnya pada 82 koperasi yang sudah tak memiliki kepengurusan  aktif.

“Jadi, koperasi yang keanggotaannya sudah tidak aktif, kita bina ulang. Agar mereka tetap memiliki semangat dalam menjalankan kembali roda organisasinya. Karena yang menjadi penyebab macetnya koperasi tersebut karena minim pemahaman dalam manajemen. Ditambah lagi sumber daya manusian yang minim,” terangnya.

Nantinya, jika sudah dilakukan pembinaan dan masih juga belum bisa berjalan normal, maka kepengurusan koperasi akan dibubarkan. “Izinnya dicabut saja. Karena percuma banyak koperasi tapi tak aktif. Tidak bisa dapatkan bantuan,” sambung mantan Kepala Satpol PP Kota Baubau itu.

Meski terdapat 82 koperasi yang tifak aktif, namun permintaan masyarakat untuk membentuk lembaga ekonomi tersebut juga masih tinggi. Hanya saja, Dinas Koperasi dan UKM lebih selektif dalam menerima usulan itu. “Kita tidak mau semangat pembentukan koperasi itu hanya karena mau ambil bantuan, setelah itu tidak aktif lagi. Olehnya itu, kita punya ketentuan. Untuk bisa mendapat bantuan maka kepengurusan harus berjalan minimal dua tahun,” tegas Syamsul Bahri.

Jika tiga tahun secara berturut-turut tidak menyampaikan hasil rapat keanggotaan, maka dianggap sudah tidak aktif. Makanya, seluruh koperasi yang sudah ada dan tercatat di Dinas Koperasi dan UKM terus dievaluasi setiap tahun. (c/ahi)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top