Lakukan Pungli, Bendahara Desa di Kolut Kena OTT – Kendari Pos Online
Jalan Sehat

pariwara
Iklan Jalan Sehat Kenpos Iklan 10 Iklan 23
Hukum & Kriminal

Lakukan Pungli, Bendahara Desa di Kolut Kena OTT

AKP Moh Salman, Kasat Reskrim Polres Kolut

KENDARIPOS.CO.ID — Oknum Bendahara Desa Batu Ganda, Kecamatan Lasusua, Kabupaten Kolaka Utara, Nur Irani (34) tertangkap tangan oleh polisi saat menerima uang yang dipungut dari masyarakat. Uang pungli itu sebagai duit pengurusan surat keterangan kepemilikan tanah (SKKT) atau biasa disebut Sporadik. Polisi mengamankan duit sebanyak Rp 4,5 juta yang dipungut dari masyarakat.

Kasat Reskrim Polres Kolut, AKP Muhammad Salman membenarkan operasi tangkap tangan (OTT) yang dilakukan anak buahnya. Kejadiannya berlangsung di rumah sang bendahara. “Yang membayar sudah 16 orang pada bulan Oktober. Setiap orang dipugnut Rp. 300 ribu,” ujar AKP Salman di ruang kerjanya, Kamis (12/10).

Meski demikian, AKP Salman masih akan menelusuri aliran dana bulan September. Kecurigaan polisi dugaan pungli ini sudah berlangsung karena melihat buku rincian pembayaran bulan Oktober dibuat baru. Aparat hanya menyita buku rincian pembayaran, laptop, surat dan register SKKT dan uang yang dikumpulkan warga. “Pasalnya sudah ada yakni pasal 55 dimana ada yang menyuruh dan meminta (diduga oknum bendahara),” tambah AKP Salman.

Sedangkan oknum kepala desa berinisial A beserta bendahara telah diinterogasi namun belum dilakukan penahanan. Penyidik Satreskrim masih mengembangkan dan melakukan konfirmasi ke pihak Biro Hukum dan BPN serta aturan perdes. “Jika berbenturan dengan hukum (melanggar) karena kita juga akan bandingkan dengan peraturan kabupaten maka bisa terjerat pasal 12e UU Tipikor,” pungkasnya. (rus/c)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top