Kendari Bersiap Swasembada Jagung, Adriatma Panen Perdana Jagung Hibrida – Kendari Pos Online
Metro Kendari

Kendari Bersiap Swasembada Jagung, Adriatma Panen Perdana Jagung Hibrida

Wali Kota Kendari, Adriatma Dwi Putra (kiri), Ketua Tim Penggerak PKK Kota Kendari, dr.Hj.Siska Karina Adriatma dan Wakil Wali Kota Kendari, Sulkarnain (kanan) disela-sela panen raya jagung hibrida di Lalodati, Kamis (12/10). Foto: Kamaruddin Dai/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Warga Kelurahan Lalodati, Kecamatan Puuwatu terlihat semringah. Undangan mereka untuk panen perdana jagung hibrida disahuti Wali Kota Kendari, Adriatma Dwi Putra dan Wakil Wali Kota Kendari, Sulkarnain (ADP-Sul), Kamis (12/10).

ADP hadir didampingi sang istri yang juga Ketua Tim Penggerak PKK Kota Kendari, dr Hj Siska Karina Adriatma. Hasil panen melimpah ditambah kehadiran wali kota termuda membuat kebahagiaan warga Lalodati kian sempurna.

Warga semakin semangat memanen setelah diawali oleh Wali Kota Kendari, Adriatma Dwi Putra. Hasilnya sekira 42 ton dipanen dari total tujuh hektare lahan jagung hibrida. Adriatma mengatakan potensi lahan pertanian jagung fungsional sebesar 500 hektare yang tersebar di 11 kecamatan. Produksi jagung di Kota Kendari tahun 2016 sebanyak 3.468 ton dan tahun 2017 harus lebih meningkat lagi. “Olehnya itu kami pemerintah daerah akan terus mendukung para petani untuk meningkatkan produksi jagungnya. Karena jagung ini selain memenuhi konsumsi penduduk Kota Kendari, juga untuk memenuhi pakan ternak. Sisanya dikirim keluar provinsi seperti di Surabaya,” ujar Adriatma, kamis (12/10).

Jika grafik hasil panen petani terus meningkat dari tahun ke tahun, tak menutup kemungkinan Kota Kendari bersiap menuju swasembada jagung. Sebab, untuk kebutuhan dalam daerah sudah tercukup. Bahkan dapat menyuplai ke daerah lain. Wali Kota Kendari, Adriatma berjanji akan mendukung penuh petani jagung untuk mendapatkan hasil panen yang maksimal. Kader PAN Sultra itu menambahkan akan mengucurkan bantuan kepada para petani melalui kelompok tani (Poktan), berupa benih jagung sebanyak 300 kilogram. Bantuan itu sudah dapat ditanam untuk lahan seluas 20 hektare. “Kami sangat mendukung petani jagung ini. Salah satu bentuk dukungan itu dengan memberikan bantuan,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Tanaman Pangan Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kota Kendari, Haludin menjelaskan panen raya ini untuk menyukseskan Upaya Khusus (Upsus) padi, jagung, dan kedelai. Khusus jagung, Distanak Kota Kendari telah memberikan bantuan berupa bibit dan bantuan lainnya. (kmr/c)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

Quis autem vel eum iure reprehenderit qui in ea voluptate velit esse quam nihil molestiae consequatur, vel illum qui dolorem?

Temporibus autem quibusdam et aut officiis debitis aut rerum necessitatibus saepe eveniet.

Copyright © 2015 The Mag Theme. Theme by MVP Themes, powered by Wordpress.

To Top