Jadi Peserta Pemilu, Parpol Wajib Memiliki Minimal 334 KTA – Kendari Pos Online
Politik

Jadi Peserta Pemilu, Parpol Wajib Memiliki Minimal 334 KTA

Ade Suerani

KENDARIPOS.CO. ID — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kendari telah membuka pendaftaran partai politik (Parpol) peserta Pemilu 2019. Pendaftaran ini tidak hanya diwajibkan bagi partai pendatang baru, namun juga Parpol peserta Pemilu 2014 lalu. Ketua KPU Kota Kendari, Ade Suerani meminta Parpol segera mengajukan berkasnya. Apalagi batas waktu pendaftaran hanya sampai tanggal 16 Oktober mendatang. Adapun dokumen yang harus diserahkan yakni daftar pengurus dan alamat kantor sekretariat partai. Untuk daftar pengurusnya harus dilingkapi salinan kartu tanda anggota (KTA) dan kartu tanda penduduk (KTP).

“Jumlah KTA yang wajib diserahkan paling sedikit 1000 atau 1/1000 dari jumlah penduduk kota Kendari. Dengan jumlah penduduk Kendari sekitar 334.335 jiwa, maka daftar anggota Parpol paling sedikit 334 orang. Dan setiap KTA wajib disertakan e-KTP nya,” katanya kepada Kendari Pos. Layanan penerimaan dokumen kata mantan staf ahli DPRD Sultra ini, di buka pada pukul 08.00 hingga 16.00 Wita. Namun pada hari terakhir (tanggal 16 Oktober), jadwal pendaftaran dibuka hingga pukul 24.00 Wita.

Partai yang akan menyerahkan dokumen ke KPU Kendari sambungnya, terlebih dahulu harus memastikan partainya telah melakukan pendaftaran di KPU RI. Pasalnya, data yang masuk akan disingkronisasikan dengan sistem informasi partai politik (SIPOL). “Setelah masa pendaftaran atau masa penyerahan dokumen keanggotaan, kami akan melakukan penelitian administrasi pada 17 Oktober sampai 15 November 2017, atau selama 30 hari. Tahapan berikutnya, akan diverifikasi faktual,” jelasnya.

Penyerahan dokumen keanggotaan di KPU lanjut dia, berlaku untuk semua partai politik calon peserta pemilu 2019, dalam hal ini termasuk partai yang telah lolos verifikasi pada pemilu terakhir. “Jadi, semua partai akan diverifikasi yang telah lolos dari Kemenkumham,” tandasnya. (b/wan)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

Quis autem vel eum iure reprehenderit qui in ea voluptate velit esse quam nihil molestiae consequatur, vel illum qui dolorem?

Temporibus autem quibusdam et aut officiis debitis aut rerum necessitatibus saepe eveniet.

Copyright © 2015 The Mag Theme. Theme by MVP Themes, powered by Wordpress.

To Top