Gaji ke-13 PNS Gairahkan Penjualan Motor – Kendari Pos Online
Space Iklan
Ekonomi & Bisnis

Gaji ke-13 PNS Gairahkan Penjualan Motor

Ilustrasi Sepeda Motor. Foto: JPNN

KENDARIPOS.CO.ID — General Manager PT Surya Timur Sakti Jatim Agung Mundi meyakini penjualan sepeda motor akan menanjak pada kuartal terakhir tahun ini. Alasannya, ada indikasi pencairan gaji ke-13 PNS dan panen raya.”Diikuti harga komoditas yang ikut baik akan mendongkrak penjualan,” katanya, Rabu (11/10). Penjualan sepeda motor di Jawa Timur sepanjang Januari–Agustus 2017 laju turun 12 persen. Namun, Agung memperkirakan penjualan sepeda motor akan kembali kondusif.

Program pembangunan infrastruktur diperkirakan berdampak baik terhadap perekonomian warga dalam jangka menengah. Apalagi, Jatim merupakan area dengan penjualan yang baik untuk Yamaha. Sepanjang tahun lalu, penjualan skuter matik Nmax di Jatim tercatat mencapai 30.243 unit. Angka tersebut berada di urutan ketiga setelah DKI Jakarta dan Jawa Barat. Sementara itu, penjualan Yamaha Vixion justru berada di peringkat kedua setelah Jakarta sebanyak 19.066 unit.

Presiden Direktur PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM) Suwito juga menilai masih banyak masalah yang menjadi tantangan industri sepeda motor di triwulan ketiga. Masalah paling besar adalah cuaca yang memengaruhi hasil pertanian. ”Hujan dan kemarau yang tidak jelas membuat musim tanam dan panen terlambat,” ujarnya. Meski demikian, pihaknya berharap penjualan akan membaik sampai akhir 2017. Pada periode Januari hingga Agustus 2017, penjualan MPM mencapai 595 ribu unit. Untuk target sampai akhir tahun ini, MPM berharap mampu menjual 900 ribu unit. Tahun lalu penjualan MPM mencapai 908.711 unit.

Berdasar data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), penjualan sepeda motor secara wholesales dari pabrik ke diler pada periode Januari–Agustus 2017 mencapai 3.793.645 unit. Honda masih menjadi raja sepeda motor di Indonesia dengan raihan 2,8 juta unit. Posisi kedua diduduki Yamaha dengan torehan 859.123 unit. Setelah itu, Kawasaki dan Suzuki menguntit dengan penjualan sebanyak 53.028 dan 52.281 unit. Penjualan sepeda motor tertinggi berada di Jawa Barat dengan total 674.642 unit, disusul Jawa Timur di urutan kedua sebesar 619.368 unit. Jakarta berada di urutan ketiga dengan catatan penjualan mencapai 482.642 unit. (jpnn)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

Quis autem vel eum iure reprehenderit qui in ea voluptate velit esse quam nihil molestiae consequatur, vel illum qui dolorem?

Temporibus autem quibusdam et aut officiis debitis aut rerum necessitatibus saepe eveniet.

Copyright © 2015 The Mag Theme. Theme by MVP Themes, powered by Wordpress.

To Top