Rektor UHO Gugah Nasionalisme Mahasiswa, Ketum PBNU Beri Kuliah Umum – Kendari Pos Online
Space Iklan
Edukasi

Rektor UHO Gugah Nasionalisme Mahasiswa, Ketum PBNU Beri Kuliah Umum

Rektor Universitas Halu Oleo (UHO), Prof.Zamrun mengapresiasi kesediaan Ketua Umum PBNU Prof. KH. Said Aqil Siraj mengadiri undangan untuk memberikan kuliah umum. Prof.Zamrun menyerahkan cendera mata kepada Prof. KH. Said Aqil Siraj (kanan). Foto : KAMARUDDIN DAI / KENDARI POS

KENDARIPOS.CO.ID — Rektor Universitas Halu Oleo (UHO), Prof.Zamrun dan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Prof. KH. Said Aqil Siraj punya pandangan yang sama dalam hal nasionalisme dan Pancasila. Tak heran jika Prof.Zamrun mengundang KH.Said Aqil Siraj untuk memberikan kuliah umum kepada ratusan mahasiswa baru dan mahasiswa Bidikmisi sebagai bagian pendidikan karakter.

Prof.Zamrun tampil membakar semangat nasionalisme mahasiswa. Baginya, wejangan yang diberikan tokoh nasional sekaliber KH.Said Aqil Siraj akan meneguhkan semangat kebangsaan mahasiswa UHO dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Tema memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa di era kekinian sudah sangat patut digelorakan.

“Maksud dari tema ini adalah mau di era saat ini, di era kedepan atau masa lalu, kita adalah dan tetap NKRI. Karena NKRI harga mati untuk masyarakat Indonesia. Saya jamin warga UHO adalah warga negara yang selalu menjunjung tinggi NKRI,” tegasnya yang disambut aplaus mahasiswa auditorium Mokodompit UHO.
Prof.Zamrun mengingatkan sebagai warga negara yang baik, setiap individu di negeri ini harus taat kepada dasar negara, Pancasila dan para pemimpinnya.

Sebelumnya, KH. Said Aqil Siroj dalam kuliah umumnya membahas memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa di era kekinian. Dia mengingatkan agar hendaknya meneladani kepemimpinan baginda Nabi Muhammad SAW. Beliau tampil sebagai pemimpin yang sangat adil dan amanah. Dan keadilan tersebut sangat dirasakan oleh masyarakat Kota Madina. “Kalau kepemimpinan Rasulullah dicontoh dan diterapkan saat ini, Insya Allah seluruh masyarakat akan hidup tenang,” ujar KH. Said Aqil Siroj yang didampingi Ketua Tandfidziah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Sultra, KH. Muslim.

Selain memberikan kuliah umum, KH. Said Aqil Siroj diagendakan melantik PWNU Sultra masa khidmat 2017-2022 di Hotel Zahra. Kegiatan dirangkaikan dengan pembukaan Mukerwil dipusatkan di salah satu hotel di Kota Kendari. Selain dihadiri seluruh pengurus wilayah juga dihadiri pengurus cabang nahdlatul ulama (PCNU) se-Sultra.

Sebelumnya, Ketua Tandfidziah PWNU Sultra, KH. Muslim mengungkapkan momen pelantikan dan Mukerwil tahun ini diharapkan menjadi motor penggerak bagi pengurus wilayah maupun cabang untuk membangun organisasi hingga ke pelosok desa. Pasalnya, NU yang lahir sejak tahun 1926 ini, sudah dikenal dan dapat diterima masyarakat Sultra yang secara kultural menganut paham Ahlusunnah Waljamaah.

“Artinya, di Sultra ini mayoritas warga NU. Hanya saja mereka belum begitu memahami bahwa ritual keagamaan dijalankan justru telah mengamalkan Islam yang berpaham Ahlusunnah Waljamaah,” ujar KH Muslim yang juga Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kemenkumham Sultra ini.  (kmr/c)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

Quis autem vel eum iure reprehenderit qui in ea voluptate velit esse quam nihil molestiae consequatur, vel illum qui dolorem?

Temporibus autem quibusdam et aut officiis debitis aut rerum necessitatibus saepe eveniet.

Copyright © 2015 The Mag Theme. Theme by MVP Themes, powered by Wordpress.

To Top