Pengadilan Agama tak Hanya Urus Perceraian – Kendari Pos Online
content/uploads/2017/10/04102017-08-e1507270396266.png" target="_blank">Space Iklan Garis Batas
Metro Kendari

Pengadilan Agama tak Hanya Urus Perceraian

Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Sultra, H. Cholidul Azhar (kanan) saat berdilaog dengan Dirut Kendari Pos, Irwan Zainuddin

KENDARIPOS.CO.ID – Kebanyakan masyarakat masih belum mengetahui substansi kehadiran Pengadilan Agama (PA). Mereka hanya tahu, lembaga ini mengurus perceraian suami istri saja, lain itu tidak. Padahal tupoksi PA lebih besar dari itu. Hal ini disampaikan Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Sultra, H. Cholidul Azhar saat berbincang dengan Direktur Utama Kendari Pos, Irwan Zainuddin di Graha Pena Lantai II Kendari Pos, kemarin (11/10).

Menurut Cholidul, selain masalah perceraian, PA juga mengurusi persoalan sengketa ekonomi syariah. Termasuk hal-hal lain yang berhubungan dengan itu. Dirinya berharap, lewat media masyarakat bisa tahu tupoksi PA sesungguhnya. “Media bisa menjadi sarana tepat untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang tugas-tugas PA. Saya harap Kendari Pos bisa menjadi mitra strategis untuk itu,” kata Cholidul yang pada kesempatan itu didampingi sejumlah petinggi PTA.

Tak hanya soal tupoksi, masyarakat juga masih sulit membedakan antara Pengadilan Agama dengan Departemen Agama. Padahal sangat jauh beda. Pengadilan Agama kata dia, merupakan lembaga Yudikatif, sedangkan Departemen Agama adalah lembaga eksekutif. “Kami harap, dengan adanya pemberitaan media, masyarakat bisa mengetahui dan kemudian merasa terlayani dengan peradilan ini,” ungkapnya.

Masih menurut Cholidul, pihaknya siap memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Dirinya berharap dan menginginkan, masyarakat merasa terlayani sesuai dengan ketentuan undang-undang yang diamanatkan negara. Kembali soal media, menurutnya banyak informasi di PA yang menarik untuk diekspose. “Selain publikasi kegiatan, juga bisa menjadi kontrol sosial,” ujarnya.

Makanya, pria murah senyum yang baru dua bulan menjabat ini ingin sekali membangun hubungan baik dengan Kendari Pos. Sebab, menurutnya Pengadilan Tinggi Agama juga mengharapkan publikasi yang baik dari Kendari Pos. “Ini juga untuk memberikan informasi kepada masyarakat kalau Pengadilan Agama itu ada,” katanya.

Dalam waktu dekat ini, Pengadilan Tinggi Agama akan merayakan HUT ke-22. Dia harapkan pada momentum ini bisa didukung Kendari Pos. Terutama dari segi pemberitaan. Direktur Utama Kendari Pos, Irwan Zainuddin berharap, Pengadilan Agama selalu memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat Sultra. Dirinya juga terbuka kalau PTA ingin membangun kemitraan dengan Kendari Pos.

“Kami terbuka dengan siapa saja yang ingin membangun komunikasi. Apalagi dengan lembaga pemerintahan. Tujuannya juga untuk kepentingan masyarakat Sultra,” kata Irwan yang pada kesempatan itu didampingi Direktur Kendari Pos La Ode Diada Nebansi, Wadir Agus Tranhadi dan Pemimpin Redaksi Arifuddin Mangka. Sedangkan Cholidul juga didampingi sejumlah pejabat tinggi PTA. Mereka adalah Hakim Tinggi PTA Sultra Muh. Hasbi, Panitera Muda Hukum PTA H.J Suhartina, Panitera Pengganti PTA Hasnawir Badru dan Hasbia serta Ketua PA Kendari Muh Husain Shaleh
. (b/ade/ing)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

Quis autem vel eum iure reprehenderit qui in ea voluptate velit esse quam nihil molestiae consequatur, vel illum qui dolorem?

Temporibus autem quibusdam et aut officiis debitis aut rerum necessitatibus saepe eveniet.

Copyright © 2015 The Mag Theme. Theme by MVP Themes, powered by Wordpress.

To Top