Mubar Bidik 1.000 Unit BSPS – Kendari Pos Online
Space Iklan content/uploads/2017/10/04102017-08-e1507270396266.png" target="_blank">Space Iklan
Muna Barat

Mubar Bidik 1.000 Unit BSPS

KENDARIPOS.CO.ID — Ribuan unit rumah warga yang ada di Muna Barat (Mubar) diusulkan untuk mendapat bantuan perbaikan. Tahun ini, pihak Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan sudah merencanakan permohonan untuk realisasi program tahun 2018 mendatang.

Kabid Perumahan Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan Mubar, Abdul Razilo menjelaskan, untuk bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS) yang didanai melalui APBN, Mubar mengusulkan 1000 unit pada tahun 2018 mendatang dan melalui dana alokasi khusus (DAK) 200 unit.

Sedangkan untuk perumahan nelayan, pihaknya mengusulkan bantuan 200 unit juga. Untuk pengusulan 1000 unit rumah katanya, terdapat dua kategori. Yakni peningkatan kualitas dengan nominal bantuan Rp 15 juta tiap unit rumah, “Dalam proses pembangunan, sifatnya hanya rehab saja untuk ditingkatkan statusnya dari tak layak huni menjadi layak. Kemudian yang kedua, pembangunan perumahan baru sebesar Rp 30 juta tiap unit,” jelasnya, Rabu (11/10).

Untuk pembangunan rumah baru ini, akan dikhususkan bagi warga yang belum memiliki hunian. Syaratnya, memiliki tanah tidak dalam sengketa serta warga Mubar. “Sedangkan untuk perumahan khusus nelayan yang diusulkan 200 unit dan sharing dengan dana APBD terdapat di Kecamatan Kusambi dan Kecamatan Tiworo Utara. Sudah ada tim dari pusat yang turun langsung melakukan verifikasi. Bahkan untuk pembersihan lahan sudah selesai,” sambung Abdul Razilo.

Saat ini pihaknya tinggal menunggu rapat koordinasi bersama pihak kementerian. “Semoga saja usulan Mubar selama ini dapat terealisasi,” harapnya. Ia juga mengatakan, untuk pengerjaan perumahan melalui APBN tahun ini terdapat 197 unit. Pembangunan itu berada di Desa Konawe dan Kusambi, sebanyak 110 unit dan saat ini sudah mencapai 90 persen. Lalu ada juga 57 unit di Desa Lagadi dan Watumela. Progresnya mencapai 70 persen. Kemudian
Kecamatan Wadaga di Desa Lailangga berjumlah 30 unit. “Total anggaran yang digunakan mencapai Rp 2 miliar lebih,” tandasnya. (c/yaf)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

Quis autem vel eum iure reprehenderit qui in ea voluptate velit esse quam nihil molestiae consequatur, vel illum qui dolorem?

Temporibus autem quibusdam et aut officiis debitis aut rerum necessitatibus saepe eveniet.

Copyright © 2015 The Mag Theme. Theme by MVP Themes, powered by Wordpress.

To Top