KPUD Konut Kembalikan Berkas Dua Parpol – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Politik

KPUD Konut Kembalikan Berkas Dua Parpol

KENDARIPOS.CO.ID — Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Konut mengembalikan dua berkas pendaftaran partai politik (Parpol). Pengembalian berkas parpol itu disebabkan adanya ketidaksesuaian antara jumlah kartu tanda anggota. Kedua parpol yang dimaksud adalah Partai Perindo dan Hanura.

Devisi Hukum KPUD Konut, Abdul Malik mengatakan jika berdasarkan syarat aturan PKPU nomor 11 tahun 2017 dan Keputusan KPU RI nomor 174 tentang pedoman pendaftaran atau penelitian administrasi verifikasi faktual penetapan partai politik peserta pemilu. Disitu dinyatakan bahwa dalam klausul pendaftaran tidak lengkap administrasinya harus dikembalikan untuk dilengkapi. Nah, dari beberapa parpol yang mendaftar sejak dibuka pada tanggal 3 Oktober baru dua partai politik yang mendaftar. Namun dari hasil pemeriksaan awal, kedua parpol dianggap masih ada kelengkalan administrasi yang belum sesuai.

“Seperti Partai Perindo ada ketidak sesuaian daftar nama anggota parpol dengan kartu tanda anggota beserta jumlahnya. Semestinya harus sesuai antara jumlah KTA dengan jumlah anggota. Makanya dikembalikan berkasnya untuk dilengkapi,”ujar Abd Malik, kemarin diruang kerjanya. Selain Partai Perindo, partai besutan Wiranto yang juga mendaftar berkasnya dikembalikan berkaitan ketidaksesuai antara jumlah anggota dengan KTP yang disetor.

“Kita kasih batas sampai tanggal 16 Oktober untuk melengkapi berkas. Sebenarnya sudah ada beberapa parpol yang datang, tapi baru sebatas konsultasi, yang sudah resmi mendaftar baru dua. Tapi berkasnya kita kembalikan untuk dilengkapi ulang,”ujarnya menegaskan. (b/min)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top