Feri Amolengo-Labuan Rusak, Masyarakat Desak Dishub Sultra Kembalikan Feri Bahteramas II – Kendari Pos Online
Jalan Sehat

pariwara
Iklan Jalan Sehat Kenpos Iklan 10 Iklan 23
Sulawesi Tenggara

Feri Amolengo-Labuan Rusak, Masyarakat Desak Dishub Sultra Kembalikan Feri Bahteramas II

HADRIAN INDRA MAPA/KENDARI POS
KMP Sememu yang sebelumnya beroperasi melayani rute penyeberangan Amolengo-Labuan tak lagi difungsikan karena mengalami kerusakan mesin.

KENDARIPOS.CO.ID — Desakan agar Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) segera mengembalikan operasional Feri Bahteramas II untuk melayani rute Amolengo-Labuan, kembali disuarakan. Persoalan itu mencuat setelah Feri KMP Sememu tak lagi beroperasi karena mengalami kerusakan mesin. Untuk menggantikan KMP Sememu, Dishub Sultra justru mendatangkan Feri dari Baubau dengan kapasitas lebih kecil. Akibatnya, banyak penumpang harus antre berjam-jam karena tak bisa berangkat.

Tak hanya itu, kondisi mesin Feri yang baru didatangkan itu juga kerap mengalami gangguan sehingga mengganggu jadwal penyeberangan. Kepala Dinas Perhubungan Buton Utara, Muh. Hanafi mengakui, pelayanan penyeberangan Amolengo-Labuan kerap dikeluhkan warga. Ia pun mendesak, PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia agar segera mengembalikan KMP Bahteramas II.

Menurutnya, rute yang menghubungkan Konawe Selatan dengan Buton Utara itu dilintasi masyarakat dari lima kabupaten. Jadi semestinya kapasitas armada yang beroperasi harus memadai dan tak mudah rusak. “Empat hari KMP Sememu beroperasi selalu mogok di tengah lautan. Imbasnya, jadwal penyeberangan menjadi terganggu, banyak penumpang terlantar dan kini tak lagi beroperasi karena mengalami kerusakan mesin. Kemudian PT ASDP mendatangkan Feri pengganti, dua hari beroperasi mesinnya juga bermasalah. Hanya bisa melayani tiga trip penyeberangan dari yang seharusnya empat kali,” keluh Muh. Hanafi saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (11/10).

Mantan Kepala Bidang Komunikasi dan Informasi Dishub Sultra itu menambahkan, sebagai dinas terkait, pihaknya hanya bisa mengusulkan agar Dishub Sultra bisa mengembalikan Feri Bahteramas II. (b/had)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top