Bimtek K13 yang Diikuti 1.000 Guru Berakhir Hari Ini – Kendari Pos Online
Space Iklan
Edukasi

Bimtek K13 yang Diikuti 1.000 Guru Berakhir Hari Ini

Bimtek guru sasaran pelaksana Kurikulum 2013 (K13) jenjang SMA se-Sultra tahun 2017 angkatan ke-5. Mereka dari berbagai sekolah dengan mata pelajaran yang berbeda.

KENDARIPOS.CO.ID — Sekira 1.000 guru dari 101 sekolah mengikuti bimbingan teknis (bimtek) guru sasaran pelaksana Kurikulum 2013 (K13) jenjang SMA se-Sultra tahun 2017. Para guru tersebut dibagi dalam lima angkatan dengan mata pelajaran berbeda-beda. Ketua panitia bimtek guru sasaran pelaksana K13, Andi Nurdin mengatakan bimtek terbagi dalam lima angkatan. Setiap angkatan diikuti 200 guru dari 101 sekolah se-Sultra. Para guru tersebut dari 16 bidang mata pelajaran umum. “Mereka itu (para guru) yang menerapkan K 13. Sesuai mata pelajarannya, dan saat ini angkatan lima guru mata pelajaran bahasa Indonesia, pendidikan agama, dan sosiologi,” ujar Andi Nurdin yang juga Kepala SMAN 5 Kendari di sela-sela Bimtek, rabu(11/10).

Lebih jauh ia menjelaskan, sebelumnya guru-guru dengan bidang lainnya sudah mengikuti Bimtek serupa. Mulai dari mata pelajaran Matematika, Bahasa Inggris, IPA, IPS, PKn, Penjaskes dan lainnya. Penunjukan guru-guru dari 101 sekolah ditetapkan Dikbud Sultra bersama Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) sebagai sekolah yang baru melaksanakan K13 pada tahun pelajaran 2017/2018.

Bimtek bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam memahami dinamika dan kebijakan perkembangan kurikulum, kebijakan penguatan pendidikan karakter, penerapan literasi, penerapan 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) menuju pembelajaran dan penilaian Higher Order of Thinking Skill (HOTS).

Selain itu, menganalisis kompetensi, materi, pembelajaran dan penilaian meliputi dokumen (SKL, KI-KD dan pedoman mata pelajaran), materi dalam buku pelajaran. Penerapan model pembelajaran dan penilaian hasil belajar. Tujuan bimtek lainnya adalah merancang rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dengan muatan keterampilan abad 21, penguatan pendidikan karakter dan literasi dalam pembelajaran. Selanjutnya, mempraktikkan pembelajaran dan penilaian HOTS serta mereview hasil praktik. “Terakhir mempraktikkan pengilahan dan pelaporan penilaian hasil belajar dan pengenalan aplikasi e-raport,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sulawesi Tenggara (Sultra), Damsid yang diwakili Kepala Bidang Pendidikan Menengah (Dikmen) Dikbud Sultra, Andi Nanna mengatakan para guru wajib memahami konsepsi K13. Olehnya itu, Bimtek sangat penting agar bisa memahami dan mencermati unsur-unsur pelaksanaan K13. “Jadi, saya berharap semua guru yang mengikuti bimtek ini dapat maksimal memahami K13. Karena itu merupakan hal yang wajib diketahi sebagai pendidik,” ujar Andi Nanna disela-sela bimtek guru sasaran pelaksana Kurikulum 2013 (K13) Angkatan ke-5. (wan/c)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

Quis autem vel eum iure reprehenderit qui in ea voluptate velit esse quam nihil molestiae consequatur, vel illum qui dolorem?

Temporibus autem quibusdam et aut officiis debitis aut rerum necessitatibus saepe eveniet.

Copyright © 2015 The Mag Theme. Theme by MVP Themes, powered by Wordpress.

To Top