Pariwara
Wakatobi

Bappeda Wakatobi Bangun Pelabuhan di Tiga Pulau

Ilustrasi Pelabuhan

KENDARIPOS.CO.ID — Setelah cukup lama direncanakan, proses pembangunan pelabuhan feri di Wakatobi, akhirnya mulai terealisasi. Tiga pulau yakni Kaledupa, Tomia dan Binongko dipastikan akan mendapat alokasi anggaran dari pemerintah pusat untuk pembangunan pelabuhan penyeberangan tersebut.

Setelah masuk perencanaan sebelumnya, keseriusan pemerintah pusat untuk meningkatkan pelayanan aksesibilitas semakin nyata. Anggaran yang dikucurkan untuk satu paket pelabuhan pada satu pulau di Wakatobi disebut mencapai ratusan miliar rupiah.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Wakatobi, Saediman mengungkapkan, saat ini pembangunan pelabuhan Feri di Kaledupa mulai diproses. Diantara ketiga pulau ini, berdasarkan perencanaan sebelumnya, di Kaledupa memang yang pertama akan dibangun.

“Tapi kalau yang kita lihat, asal pembebasan lahan dan segala persiapan dokumen yang dibutuhkan sudah tuntas, maka bisa saja dibangun secepatnya. Karena pada prinsipnya pemerintah pusat telah menyiapkan anggaran,” ungkapnya, selasa(11/10).

Kendati tidak merinci besaran anggaran dalam satu paket pembangunan mulai dari pelabuhan, fasilitas hingga kapalnya, Saediman mengaku dana untuk pelabuhan feri ketiga pulau ini sangatlah besar. “Anggarannya besar karena proyek pelabuhan Feri ini satu paket dengan kapal dan fasilitasnya,” tambah Kepala Bappeda.

Pembangunan yang dimulai dari pulau Kaledupa ini memang tengah berjalan. Sementara, untuk pulau Tomia dan Binongko pihaknya belum bisa memastikan waktu realisasinya di lapangan. (c/thy)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top