4.500 Bidang Tanah di Koltim Masuk Prona – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Kolaka Timur

4.500 Bidang Tanah di Koltim Masuk Prona

H. Tony Herbiansyah

KENDARIPOS.CO.ID — 4.500 bidang tanah masyarakat yang ada di Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) akan disertifikatkan melalui paket program nasional (Prona) dari Kementerian Agraria dan tata Ruang Badan Pertanahan Nasional (BPN). Bantuan pemerintah pusat untuk legalitas kepemilikan tanah tersebut akan disalurkan dalam waktu dekat dan disebar merata pada 12 kecamatan dan 133 kelurahan serta desa di Koltim.

Bupati Kolaka Timur, H. Tony Herbiansyah menjelaskan, bantuan pemerintah pusat itu sudah lama ditindaklanjuti Pemkab. Proses penyalurannya sudah diatur pihak BPN perwakilan Koltim dan kepala desa harus mengusulkan warganya untuk didaftar menjadi penerima sertifikat Prona itu.

Ia mewanti-wanti para kepala desa agar terbuka terhadap peraturan bupati (Perbup) mengatur rincian dana yang harus dibayar pemohon nanti. Ini bertujuan agar agar tidak membuka peluang praktik pungutan liar (Pungli). Pemohon atau kepala keluarga hanya akan membayar Rp 100 ribu dan Rp 150 ribu bantuan Pemkab untuk setiap bidang tanah.

“Kalau secara nasional untuk wilayah Sultra standar biaya dikenakan Rp 350 ribu. Tapi ada upaya pemerintah daerah untuk bagaimana memediasi sehingga bisa berkurang menjadi Rp 250 ribu saja. Alhamdulillah kami juga sudah memasukan di anggaran perubahan tahun ini untuk bantuan Pemkab Koltim. Jadi diharapkan masyarakat bersyukur karena dapat melegalkan tanahnya dengan biaya murah,” ungkap mantan Wakil Bupati Konawe itu, Rabu (11/10).

Asisten I Pemkab Koltim, Eko Santoso Budiarto menambahkan, setiap satu bidang tanah yang diusulkan maksimal seluas dua hektar bagi tiap pemohon atau satu kepala keluarga. “Pihak BPN/ATR Koltim sudah mulai jalan dan tahun ini bisa tuntas tahun 2017 ini,” timpalnya. (c/kus)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top