Wujudkan Generasi Emas 2045, Mahasiswa Ilmu Tanah Ikut PERMATA – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Edukasi

Wujudkan Generasi Emas 2045, Mahasiswa Ilmu Tanah Ikut PERMATA

Wa Ode Sitti Febriani/Kendari Pos
Suasana Pendidikan Karakter mahasiswa Ilmu Tanah ke-1 yang dihelat

KENDARIPOS.CO.ID — Menjadikan manusia cerdas dan pintar boleh jadi mudah melakukannya, tetapi menjadikan orang yang baik dan bijak, tampaknya jauh lebih sulit atau bahkan sangat sulit. Hal inilah yang mendorong Jurusan/Prodi Ilmu Tanah Fakultas Pertanian Universitas Halu Oleo (UHO) menggelar Pendidikan karakter mahasiswa Ilmu Tanah ke-1 (PERMATA).

PERMATA yang diikuti 143 mahasiswa ini, merupakan angkatan 2016 dan 2017. Mereka mengawali kegiatan dengan long march dari Fakultas Pertanian ke Pantai Nambo yang berjarak sekira 13 kilometer. Hal itu disampaikan Ketua Jurusan/Prodi Ilmu Tanah, Zulfikar, S.P., M.P. Katanya, melalui PERMATA dapat membina kearabatan, sepenanggungan dan kerja sama antarmahasiswa. Untuk itulah, kegiatan ini dikemas apik dengan menampilkan sejumlah game untuk menguji kekompakan dan kerja sama pesertanya.

Tak hanya itu, sejumlah pemateri handal dilibatkan dalam kegiatan PERMATA ini. Mereka adalah Prof. Dr. Ir. M. Tufaila Hemon, M.P (Guru besar Bidang Ilmu Tanah/Dekan Fakultas Pertanian, Dr. Hasbullah Syaf, M.Si (Dosen Ilmu Tanah dan Ketua Prodi PPW Pascasarjana UHO), Syamsu Alam, M.Sc. (Dosen Ilmu Tanah/mahasiswa S3 UGM) dan Arif Budiman, S.P (Mantan ketua Himailta 2004-2005 dan ketua BEM Fakultas Pertanian 2006-2007).

“PERMATA 1 merupakan rangkaian dari kegiatan pendidikan karakter di UHO. Pelaksanaan pendidikan karakter di Jurusan/Program Studi Ilmu Tanah UHO merupakan suatu transformasi baru untuk meretas jalan panjang bagi generasi emas 2045,” terang Zulfikar. Selain itu, Kementerian riset, teknologi dan pendidikan tinggi (Kemenristekdikti) menekankan agar perguruan tinggi dapat membentuk karakter mahasiswanya yang kuat dan kokoh untuk menghadapi tantangan hidup di masa mendatang. Dosen di Jurusan Ilmu Tanah ini,juga mengungkap pendidikan karakter yang kuat dapat mendorong generasi muda bangsa memiliki kepribadian unggul seperti yang diharapkan dalam tujuan pendidikan nasional.

Ia pun mengingatkan pada mahasiwa ilmu tanah yang memiliki keunikan sangat penting mengikuti pendidikan karakter. Mengingat mahasiswa ilmu tanah dituntut dapat beradaptasi dengan lingkunganya dapat melaksanakan pekerjaan dalam tekanan yang tinggi atau mengerjakan tugas-tugas yang banyak memerlukan mental yang kuat, tubuh yang kuat dan tentunya memiliki daya tahan. PERMATA dapat menjadi model alternatif yang dapat membantu mahasiswa mengenal potensi dirinya, mampu merencanakan masa depan, membangun kebersamaan dan harmonisasi dalam payung kehidupan berbangsa dan bernegara.

Sementara itu, Prof. Tufaila dalam materinya, menyampaikan tema Peran Pendidikan Karakter Dalam Membentuk Mahasiswa Ilmu Tanah yang Tangguh dan Cerdas Kompherensif. Ia menekankan perlunya mahasiswa Ilmu Tanah memiliki mental baja, jujur, tabah, tawakal, berkeperibadian baik dan rasa cinta baik sesama manusia, lingkungan dan terutama cinta pada ilmu tanah, maka kesuksesan itu akan mudah diraih, yakni dapat menyelesaikan studi dengan cepat, menjadi sarjana yang unggul dan diterima di dunia kerja. (feb/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top