Truk Over Kapasitas, Dishub Konut Tak Bertindak – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Konawe Utara

Truk Over Kapasitas, Dishub Konut Tak Bertindak

KENDARIPOS.CO.ID — Aktivitas pengangkutan material batu gunung melebihi kapasitas di wilayah Desa Tondowatu, Kecamatan Motui sudah diketahui Kepala Dinas Perhubungan Konawe Utara (Konut), Aris L. Sayangnya, tak ada sikap tegas yang dilakukan Dishub Konut untuk penindakan terhadap supir truk tersebut.

Aris L bahkan beralasan, pihaknya sebatas melakukan penarikan retribusi. Anehnya, ia berpendapat, untuk melakukan peneguran terhadap aktivitas itu harusnya dilakukan pihak Dinas ESDM Provinsi.

“Kita hanya sebatas menarik retribusi. Karena untuk memberikan teguran menjadi kewenangan Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Sultra,” ujar Plt Kadishub Konut, Aris L, selasa(10/10).

Mantan Kabid Darat Dishub Konut itu menjelaskan kewenanganya untuk melakukan peneguran terhadap jalan yang dilalui sopir pemuat batu memang dimiliki. Hanya saja, arus lalu lintas bisa ditertibkan bilamana ada anggota Dishub yang ditugaskan menjaga di ruas jalan itu.

“Kalau ada petugas mereka patuh. Jika tidak ada, sopir truk seenaknya saja. Kecuali kita jagai terus. Semestinya pihak sopir yang lalu lalang memuat batu di wilayah itu harus punya kesadaran tanpa harus diawasi,” apatisnya. Sementara Sekretaris Komisi II DPRD Konut, Safrin mendesak Kadishub Konut, Aris L tetap melakukan penindakan. Pasalnya, aktivitas mereka akan mengancam para pengguna jalan lain.

Apalagi bobot muatan telah melebihi kapasitas muatan berdampak pada kerusakan jalan. “Dishub itu punya otoritas untuk memberikan sanksi bagi sopir bandel. Supaya memuat tidak melebihi kapasitas, kasihan pengguna jalan yang lain. Itu rawan kecelakaan kalau dibiarkan terus,” tegas Ketua DPD II Golkar Konut itu. (b/min)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top