Sekolah di Butur Butuh Jaringan Internet – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Edukasi

Sekolah di Butur Butuh Jaringan Internet

Agus Pria Budiana

KENDARIPOS.CO.ID — Di era serba digital saat ini, mayoritas satuan pendidikan di Kabupaten Buton Utara (Butur) masih belum bisa mengakses jaringan internet. Imbasnya, tak ada satu sekolah pun yang menyatakan kesiapannya menyelenggarakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) beberapa tahun terakhir.

Dinas Pendidikan setempat telah menyampaikan persoalan itu kepada Pemkab Butur, kiranya diusulkan pengadaan fasilitas jaringan internet. Saat dikonfirmasi terkait masalah tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Butur, Agus Pria Budiana membenarkan.

Menurut dia, hampir semua sekolah belum mempunyai fasilitas mengakses jaringan internet. Pihaknya telah melakukan konsultasi dengan Dinas Komunikasi dan Informasi agar tenaga IT-nya bisa diarahkan memasang fasiltas penangkat internet di sekolah-sekolah.

“Semua sistem penyelanggaraan pendidikan sudah menggunakan teknologi. Untuk bisa menerapkan itu harus didukungan dengan jaringan internet,” ujar Agus Pria Budiana saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (10/10).

Mantan Camat Kambowa itu berharap, pemerintah bisa menganggarkan pengadaan server fasilitas penangkap signal internet di sekolah-sekolah kerena menjadi kebutuhan vital. Menurutnya, semua data pokok pendidikan dikirim secara online. “Tahun ajaran 2017/2018 kami mulai menyiapkan berbagai kebutuhan untuk menyelenggarakan ujian nasional berbasis komputer,” tambahnya.

Agus juga mengungkapkan, pengadaan belasan unit komputer dan recever telah dilakukan. Hanya saja, belum bisa dimanfaatkan karena terkendala jaringan internet. Agus menambahakan, jika belum bisa diakomodir dalam anggaran perubahan. “Pemkab bisa mengusulkan program sekolah bisa akses jaringan internet dalam APBD 2018. Bisa melekat diprogram Diknas atau Kominfo,” tandasnya. (had/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top