Rp 1,5 M Benahi 105 RTLH di Butur – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Buton Utara

Rp 1,5 M Benahi 105 RTLH di Butur

HADRIAN INDRA MAPA/KENDARI POS
Kadis Perumahan dan Kawasan Pemukiman Butur, Armin menyerahkan bantuan stimulan perumahan swadaya pada warga penerima.

KENDARIPOS.CO.ID — Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) menyalurkan bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS) untuk membenahi 105 rumah tak layak huni (RTLH) di Buton Utara (Butur). Untuk menyukseskan program itu, pemerintah telah menggolontorkan anggaran Rp 1,5 miliar. Satu kepala keluarga (KK) mendapatkan bantuan Rp 15 juta yang tersimpan dalam buku tabungan.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Butur, Armin menuturkan, program tersebut menjadi solusi penanganan rumah tak layak huni. Mantan Kadis Pertambangan dan Energi Butur itu menjelaskan, bantuan stimulan diberikan bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

“Di Desa Linsowu 20 rumah, Desa Pebaowa 43 unit dan Desa Lantagi mendapat jatah 42 rumah. Jika program ini sukses, tahun mendatang Butur kembali mendapatkan bantuan serupa sebanyak 500 unit RTLH,” ujar Armin saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (10/10).

Armin menambahkan, ada tiga kategori penerima bantuan yakni untuk peningkatan kualitas (PK), pembangunan baru (PB) dan pembangunan prasarana. “Setidaknya ada sembilan kriteria, ketidaklayakan sebuah rumah. Adapun kriteria-kriteria tersebut luas lantai kurang dari 7,2 meter persegi, dan jenis atap rumah terbuat dari daun atau lainnya. Kemudian jenis dinding rumah terbuat dari bambu, lantainya tanah, tak memiliki akses sanitasi layak, sumber penerangan bukan listrik dan tak ada akses ke air minum layak,” tandas Armin. (c/had)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top