Bupati Konkep Pantau Pilkades Serentak – Kendari Pos Online
Jalan Sehat

pariwara
Iklan Jalan Sehat Kenpos Iklan 10 Iklan 23
Konawe Kepulauan

Bupati Konkep Pantau Pilkades Serentak

MURSALIN/KENDARI POS
Bupati Konkep, Ir. H. Amrullah, MT (kanan) ketika memantau langsung suasana Pilkades serentak, selasa(10/10)

KENDARIPOS.CO.ID — Pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep), berjalan dengan lancar. Bupati Konkep, H. Amrullah memantau langsung proses pemilihan tersebut, Selasa, (10/10). Ia bersama Wakil Bupati, Andi Muhamad Lutfi, Sekretaris Kabupaten (Sekab), Cecep Trisnajayadi serta jajaran pejabat berkeliling memantau sejumlah wilayah dari 60 desa yang menggelar pesta demokrasi itu.

Sebelum memantau Pilkades serentak, bupati juga lebih dahulu menyalurkan hak pilihnya di Desa Lantula, Kecamatan Wawonii Barat. Amrullah berangkat ke TPS menggunakan kendaraan dinasnya, DT 1 O. “Siapapun yang terpilih sudah itulah kepala desa. Yang penting aman, tertib dan tidak ada perselisihan antara pendukung,” ujar Amrullah kepada warga yang menanti Kades baru. Pemantauan Pilkades serentak yang dilakukan pemimpin daerah itu, dilakukan secara acak.

Untuk mengantisipasi adanya keberpihakan pimpinan daerah dan SKPD dalan Pilkades tersebut, Bupati Konkep, memantau proses pemungutan suara di wilayah kediaman Wabup Konkep. Begitu juga sebaliknya. Cara ini dipilih, untuk mengantisipasi kesan keberpihakan pimpinan daerah oleh warga. Kepala DPMD Konkep mengatakan, Pilkades serentak yang berlangsung selasa(10/10), berjalan aman, lancar dan terkendali.

Namun jika terjadi sengketa dalam Pilkades, maka panitia pemilihan wajib menyelesaikan perselisihan tersebut dalam jangka waktu 15 hari. “Sedangkan masa keberatan hasil Pilkades dapat diajukan oleh calon kepada panitia dalam waktu paling lambat tiga hari setelah penetapan hasil Pilkades. Kalau tidak ada, pemenang Pilkades tinggal menunggu pelantikan,” terangnya.

Di tempat terpisah, Kapolsek Wawonii, Iptu La Ajima juga mengakui, proses Pilkades serentak di Konkep berjalan aman dan lancar. Ada 155 personel kepolisian dari resort Kendari turut memantau. “Tidak ada perselisihan yang terjadi. Ini perlu kita apresiasi, karena kerja sama antara kepolisian dan masyarakat dalam menjaga wilayah masing-masing,” tandas La Ajima, saat turun langsung memantau Pilkades. (c/san)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top