36 Titik Irigasi di Wakatobi Belum Difungsikan – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Wakatobi

36 Titik Irigasi di Wakatobi Belum Difungsikan

KENDARIPOS.CO.ID — Tahun ini pemerintah kabupaten (Pemkab) Wakatobi telah membangun 36 titik sarana irigasi yang tersebar pada tiga pulau. Meski telah tuntas, namun proyek irigasi yang telah ada sejak beberapa bulan lalu ini hingga kini belum difungsikan.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Wakatobi, Jamrudin yang ditemui menjelaskan, anggaran irigasi ini dibiayai dana alokasi khusus (DAK). Sebanyak 36 irigasi dibagi-bagi ke tiga pulau yang memiliki potensi pertanian. 20 titik di Pulau Wangiwangi, sementara Kaledupa dan Tomia masing-masing sebanyak delapan titik.

“Proyek ini telan anggaran lebih dari Rp 2 miliar. Masing masing titik dialokasikan sekitar Rp 80 juta. Saat ini kami masih berupaya agar irigasi yang telah dibangun tersebut dimanfaatkan. Ini luar biasa potensinya jika digunakan sebaik mungkin. Makanya saat ini kita butuh bantuan anggaran dari Pemkab Wakatobi,” jelasnya.

Rencananya anggaran yang dimaksud untuk pengadaan bibit pada kawasan sekitar irigasi dan diperuntukkan bagi para petani yang telah membentuk kelompok. “Ini baru rencana kita, semoga bisa diterima,” pungkasnya. (c/thy)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top