Ratusan Hektare Jambu Mete di Butur Gagal Panen – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Buton Utara

Ratusan Hektare Jambu Mete di Butur Gagal Panen

HADRIAN INDRA MAPA/KENDARI POS
Petani di Kecamatan Kambowa, Buton Utara saat melakukan penyemprotan tanaman jambu mete akibat diserang hama.

KENDARIPOS.CO.ID — Harapan petani di Kabupaten Buton Utara (Butur) bisa memetik buah jambu metenya dengan jumlah melimpah, sirna. Ratusan hektare tanaman unggulan di daerah itu mengalami gagal panen akibat serangan hama dan hujan yang mengguyur hingga menyebabkan bunga jambu mete menjadi rusak serta gagal mengeluarkan buah. Petani setempat hanya bisa pasrah. Mereka berharap mendapat bantuan dari pemerintah agar meringankan beban.

“Kami tidak tahu mau berbuat apa lagi. Kami hanya bergantung pada produksi jambu mete, sebab itu merupakan mata pencarian utama kami,” keluh Amidin, Petani Jambu Mente Kecamatan Kambowa, Senin (9/10). Ia menambahkan, gagal produksi yang dialami petani jambu mete, mengakibatkan kerugian hingga ratusan juta rupiah. Selain itu, biaya yang dikeluarkan untuk memelihara tanaman tidak tertutupi.

“Kami berharap tahun depan jambu mete bisa berproduksi dengan baik, serta hasil panen yang bisa memuaskan,” katanya. Sementara itu, Kadis Pertanian Butur, Ir. Yusuf mengakui kondisi tersebut. Kendati demikian, pihaknya belum memastikan luasan tanaman yang gagal panen.”Sementara di data berapa hektare tanaman jambu mete yang gagal panen,” ujar Yusuf.

Mantan Camat Kambowa itu menambahkan, penyebab gagal panennya jambu mente masih diidentifikasi. “Tapi, hujan yang mengguyur bisa menyebabkan bunga jambu mete jadi rusak dan kehitam-hitaman,” prediksinya. (c/had)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top