KKP Evaluasi Data RTP Buteng – Kendari Pos Online
Jalan Sehat

pariwara
Iklan Jalan Sehat Kenpos Iklan 10 Iklan 23
Buton Tengah

KKP Evaluasi Data RTP Buteng

MUHAMMAD YUSUF/KENDARI POS
Monitoring dan evaluasi dari tim KKP untuk pendataan data rumah tangga perikanan di Buton Tengah.

KENDARIPOS.CO.ID — Data rumah tangga perikanan (RTP) yang ada di Buton Tengah (Buteng), dimonitoring dan evaluasi langsung tim Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Upaya tersebut dilakukan untuk memastikan agar data yang dikumpulkan betul-betul valid, sehingga lebih tepat sasaran saat ada bantuan yang diberikan.

Kadis Perikanan Buteng, Muh. Rijal mengatakan, saat ini baru empat kecamatan yang sudah menginput data, yakni Mawasangka Tengah, Sangiawambulu, Talaga Raya dan Lakudo. Sementara tiga kecamatan lain baru memasukkan data adalah Mawasangka, Mawasangka Timur dan Kecamatan Gu. Sebenarnya semua pendata RTP sudah bekerja, hanya saja belum semuanya menginput data yang diperoleh.

“Kita mengawal program karena kunci untuk mendapat data nelayan yang valid di Buteng. Apalagi menurut perkiraan kami, RTP yang ada kurang lebih mencapai 6.000 orang. Kami akan bekerja dengan basis data, sebagai acuan untuk membuat program yang tepat sasaran bagi RTP,” ungkapnya.

Kasubdit Pengelolaan Data Statistik KKP, Rikrik Rahardian menilai, data dikumpulkan Buteng sangat bagus. Pasalnya, awalnya hanya 700 RTP yang dilaporkan, tapi saat monitoring dan evaluasi, jumlahnya meningkat hingga 2.000 RTP. “Dalam Monev ini kami juga menyampaikan tambahan yang diperlukan untuk program kartu “Kusuka”. Kartu ini merangkum semua, baik perikanan tangkap, pembudidaya, hingga pengolahan. Pasalnya, sebelumnya masing-masing kegiatan perikanan memiliki kartu tersendiri,” jelasnya.

Dia mengungkapkan, dengan data yang sudah terkumpul berbagai program dapat dimanfaatkan. Mulai dari program bantuan kapal, dan salah faktor yang mendorong pemberian aliran dana alokasi khusus (DAK) di Buteng. “Kita berharap semua proses pendataan ini bisa dituntaskan hingga akhir Oktober mendatang,” tutupnya. (c/myu)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top