Guru di Butur Hanya Mendapat 150 Ribu Sebulan – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Buton Utara

Guru di Butur Hanya Mendapat 150 Ribu Sebulan

KENDARIPOS.CO.ID — Gaji yang harus diterima guru Taman Kanan-kanak (TK) dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kabupaten Buton Utara (Butur), sangat memprihatinkan. Satu bulan mengajar, tenaga pendidik anak usia dini di daerah itu hanya dibayar Rp 150 ribu. Dinas Pendidikan Butur telah berupaya agar tenaga pengajar honorer itu mendapat gaji yang layak.

Minimnya upah yang diterima pendidik tersebut telah dilaporkan ke Bupati Buton Utara, Abu Hasan. Kepala Dinas Pendidikan Butur, Agus Pria Budiana menuturkan, keterbatasan anggaran menjadi penyebab utama guru TK dan PAUD berstatus honorer hanya digaji Rp 150 ribu perbulan. Agus berharap, pemerintah bisa meningkatkan honor tenaga pendidik, minimal Rp 500 ribu tiap bulan.

Menurutnya, jika dikalkulasi gaji yang diberikan saat ini sangat tak cukup untuk memenuhi kebutuhan guru. “Olehnya itu, saya melaporkan pada Bupati Butur kiranya bisa menambah gaji guru TK dan PAUD honorer diusulkan dalam anggaran pendapatan dan belanja daerah tahun 2018,” harap Agus Pria Budiana, senin(9/10).

Sementara itu, Bupati Butur, Abu Hasan berjanji akan menaikan honor tenaga pengajar PAUD pada 2018 mendatang. Mantan Karo Humas Pemprov Sultra itu tak keberatan, jika honorer guru anak usia dini ditambah menjadi Rp 500 ribu tiap bulan.
“Guru TK atau PAUD kerjanya cukup sulit. Mereka mengurus anak-anak kecil, kadang-kadang muridnya ada yang menangis. Saya akan naikan sampai Rp 500 ribu tahun depan,” janji Abu Hasan. (b/had)

 

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top