Demokrat Belum Tentukan Calon di Pilkada Kolaka – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Politik

Demokrat Belum Tentukan Calon di Pilkada Kolaka

KENDARIPOS.CO.ID — Bila sejumlah partai lain telah menentukan pilihan pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kolaka, partai demokrat justru masih terlihat adem ayem. Hingga kini, siapa calon yang akan diusung partai berlambang mercy ini masih tanda tanya. Hanya saja, dua nama sudah dipastikan memiliki peluang mengendarai pintu partai demokrat. Pasalnya, hanya calon petahana, Ahmad Safei dan kader partai Harun Rahim yang berkasnya diajukan ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat bulan Agustus lalu.

Sekretaris DPC Demokrat Kolaka, Djabir Teto Lahukuwi mengatakan proses penetapan bakal calon (Balon) bupati Kolaka masih sementara berlangsung di DPP. Makanya, ia belum bisa memastikan siapa calon yang akan diusung. Saat ini, Ahmad Safei dan Harun Rahim memiliki potensi yang sama untuk diusung oleh Demokrat sebagai Calon Bupati Kolaka. Namun semuanya tergantung hasil poling tertinggi. Indikator utama yang menjadi pertimbangan yakni tingkat elektabilitas kandidat. Makanya, sebelum menentukan pilihannya, partai melakukan survey.

“Memang Pak Harun adalah Ketua DPC Demokrat Kolaka. Tapi berdasarkan peraturan, keputusan itu tergantung dari hasil survei. Siapa yang memiliki survei paling tinggi, maka itu yang akan kami usung sebagai Cabup Kolaka pada Pilkada 2018 mendatang,” tukasnya. Jika nantinya partai demokrat mengusung Harun Rahim, maka pihaknya akan mencari partai koalisi. Sebab, kursi di yang dimiliki demokrat di DPRD Kolaka jumlahnya belum syarat untuk maju melalui jalur Parpol. Berbeda bila mengusung Ahmad Safei. Demokrat tidak perlu lagi mencari Parpol koalisi, sebab calon petahanan ini telah memiliki rekomendasi dari sejumlah Parpol.

“Kalau lewat jalur parpol itu syaratnya harus memilki minimal enam kursi di DPRD. Sementara kami hanya memiliki dua kursi. Jadi kalau kami usung Harun Rahim maka kami harus cari koalisi. Tetapi keputusan siapa yang diusung oleh Demokrat nanti itu tergantung DPP,” ujarnya. (b/fad)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top