Calon Independen Harus Kumpulkan 16.677 KTP Pendukung di Pilkada Konawe – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Politik

Calon Independen Harus Kumpulkan 16.677 KTP Pendukung di Pilkada Konawe

Sarmadan

KENDARIPOS.CO.ID — Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Konawe telah menyepakati syarat untuk calon bupati (Cabup) independen atau non partai politik (Parpol) pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) Konawe tahun 2018. Untuk bisa tampil dijalur independen, Cabup harus mengumpulkan minimal 16.677 kartu tanda penduduk (KTP) pendukungnya.

Ketua KPUD Konawe, Sarmadan mengatakan, aturan dukungan minimal calon independen sudah dituangkan melalui surat keputusan (SK) nomor 22/PP.02.3-KPT/7402/KPU-Kabupaten/IX/2017. Angka ini diperoleh dari 10 persen dari jumlah daftar pemilih tetap (DPT) saat Pemilu lalu. Yang mana, jumlah DPT Pemilu lalu sebanyak 166.764 pemilih.

“Minimal penyebarannya melingkupi 50 persen kecamatan yang ada di Konawe, yakni minimal 12 kecamatan dan 23 kecamatan yang tercatat saat Pilpres. Tapi, lebih bagus lagi kalau lebih banyak dari itu, supaya saat kita turun survei dan ada yang tidak mengakui dukungannya, itu bisa tertutupi dengan jumlah yang lebih tadi,” terangnya.

Lanjut Sarmadan, setelah KTP diserahkan ke KPU, pihaknya akan langsung melakukan verifikasi faktual di lapangan, dengan sistem sensus door to door atau dari rumah ke rumah. “Verifikasi calon independen ini kita dahulukan dari Parpol, sebab verifikasi independen ini sedikit lebih rumit, dibandingkan dengan verifikasi Parpol menggunakan sistem sampel, yaitu 10 persen dari jumlah anggota,” pungkasnya. (b/hel)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top